Rismen, SefnaZulfaneti, ZulfanetiSuryani, Mulia2018-02-222018-02-222018-02-22978-979-792-552-9wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9244Salah satu upaya memperbaiki karakter siswa adalah membiasakan siswa dalam lingkungan yang mendukung tumbuhnya karakter. Bahan ajar sebagai salah satu pendukung terlaksananya proses pembelajaran dapat diintegrasikan karakter sehingga diharapkan dapat memperbaiki karakter siswa. Salah satu bentuk bahan ajar adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS). LKS merupakan bahan ajar yang dapat menuntun siswa dalam melakukan kegiatan yang diberikan guru dalam memahami materi ajar. Hasil studi pendahuluan di beberapa SD ditemukan bahwa LKS yang selama ini dipakai oleh siswa kelas IV SD belum menyajikan materi secara kontekstual dan belum dapat menumbuhkan karakter. Tujuan penelitian adalah mengembangkan Prototipe awal LKS Berbasis PMR yang terintegrasi karakter yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. LKS dikembangkan sesuai dengan analisis kebutuhan dan karakteristik siswa SD Sumatera Barat. Pengembangan menggunakan rancangan define, design, develop, dan desseminate. Penelitian sudah dilakukan pada dua tahap pertama yaitu define dan design. Hasil define ditemukan bahwa guru membutuhkan bahan ajar yang dapat mengajak siswa untuk memahami materi melalui masalah yang kontekstual. Selain itu, LKS juga dapat menumbuhkan karakter siswa. Hasil design LKS sudah dirancang tiga LKS dengan tiga tema yaitu (1) Tema Cita-citaku, (2) Pahlawanku, (3) Makanan Sehat Bergizi.enPendidikan Matematika RealistikkarakterLKSPengembangan Prototipe Awal LKS Berbasis PMR Terintegrasi Karakter untuk Siswa Kelas IV SD Sumatera BaratArticle