Ariawan, Rezi2018-02-212018-02-212018-02-21978-979-792-552-9wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9241Atikel ini memaparkan hasil penelitian untuk melihat bagaimana sikap atau persepsi siswa terhadap pelajaran matematika, sikap siswa terhadap pendekatan pembelajaran visual thinking yang disertai aktivitas quick on the draw, dan soal-soal pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di Pekanbaru pada tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling serta menggunakan metode kuasi eksperimen desain pretest-posttest kelompok tanpa acak. Pada sekolah sekolah tersebut dipilih dua kelas yang masing-masingnya sebagai kelas eksperimen (pendekatan pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw ) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Instrumen yang digunakan berupa angket sikap siswa yang hanya ditujukan untuk kelas eksperimen saja. Berdasarkan hasil uji statistik, dapat disimpulkan bahwa siswa pada masing-masing level memiliki sikap yang positif terhadap ketiga aspek. Secara keseluruhan, siswa memiliki sikap positif yang lebih baik untuk aspek sikap terhadap pendekatan pembelajaran visual thinking disertai aktivitas Quick on the Draw daripada dua aspek lainnya. Aspek sikap terhadap soal-soal pemecahan masalah dan komunikasi matematis mendapat sikap positif terendah daripada kedua aspek lainnyaenpendekatan pembelajaran Visual ThinkingQuick on the Drawpemecahan masalah matematiskomunikasi matematissikap siswaSikap Siswa Terhadap Pelajaran Matematika, Pembelajaran Matematika serta Soal Pemecahan Masalah dan Komunikasi MatematisArticle