Jannah, ZaharatulDesfitri, RitaEdrizon, EdrizonZuzano, Fazri2018-02-222018-02-222018-02-22978-979-792-552-9wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9248Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberi dampak positif di dunia pendidikan, ini terlihat dari upaya–upaya pemanfaatan teknologi sebagai sarana pembelajaran. Salah satunya adalah media pembelajaran interaktif. Guru hendaknya dapat menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penerapan pendekatan scientific dalam proses pembelajaran menuntut guru untuk menyediakan media pembelajaran yang akan diamati siswa. Salah satu media pembelajaran yang cocok untuk diamati adalah video pembelajaran. Video sangat dibutuhkan untuk menjelaskan materi-materi yang membutuhkan logika dan imajinasi, seperti sistem persamaan linier dua variabel. Siswa sering merasa kesulitan dalam memahami masalah yang terdapat pada materi tersebut khususnya pada soal cerita. Media pembelajaran interaktif matematika berbasis film kartun diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan pemahaman siswa, selain itu media pembelajaran ini juga dapat digunakan dirumah secara mandiri oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Langkah-langkah penelitian ini meliputi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain. Validasi desain dilakukan oleh para ahli yang terdiri dari dua orang dosen dan satu orang guru. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis film kartun edukatif matematika yang dikembangkan adalah valid dan layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran matematika.enMedia pembelajaran interaktiffilm kartun edukatif matematikaPengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Film Kartun pada Materi Persamaan Linier Dua VariabelArticle