Ras, Fakhri2014-01-282014-01-282014-01-28wahyu sari yenihttp://hdl.handle.net/123456789/5365Prestasi belajar bahasa Inggris para siswa SLTP negeri se-Propinsi Riau yang ditandai oleh Nilai Ebtanas Murni (NEM) belumlah mencapai rata-rata diatas 50% (5). Kenyataan ini menggambarkan suatu keadaan proses belajar mengajar yang masih jauh dari yang diharapkan oleh kurikulum yang dipakai (GBPP 1994) sebesar 85% (8.5). HaI itu berarti terdapat jurang pemisah yang masih besar antara apa yang diharapkan dengan apa yang seharusnya sebesar 35% (3.5). Untuk mencapai kondisi yang ideal seperti yang diamanatkan oleh kurikulum tersebut memerlukan adanya keterpaduan usaha bersama antara guru dengan muridnya. Guru harus mampu menciptakan suasana dimana para murid memiliki kreatifitas yang tinggi dalam memecahkan persoalan-persoalan belajar yang mereka hadapi. Fokus permasalahan penelitian ini adalah penentuan tingkatan hubungan yang terjadi antara strategi mengajar yang diambil oleh quru-quru bahasa Inggris SLTP Negeri dengan prestasi belajar para siswa se-propinsi Riau. Dengan demikian, penelitian ini terdiri dari dua variabfe yang diteliti yang strategi mengajar guru (independent) dan prestasi belajar bahasa Inggris para siswanya (dependent variable). Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat hubungan antara strategi pengajaran bahasa Inggeris yang digunakan oleh guru-guru PGSM/D3 dengan prestasi belajar siswa bahasa Inggeris di SLTP Negeri se-Propinsi Riau. Populasi penelitian ini adalah guru-guru bahasa Inggeris Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Negeri Provi-nsi Riau yang sedang mengambil Program penyelesaian PGSM/D3. TahunAkademis 7998/7999. Mereka berasal dari berbagai SLTP Negeri dari Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu, dan juga Kotamadya Pekanbaru. JumIah secara keseluruhannya adalah sebanyak 60 (enam puluh) orang. Mengingat jumlah populasi tersebut relative keciI, maka seluruh populasinya dijadikan cuplikan (sampel) penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara strategi mengajar guru-guru bahasa Ingg:eris SLTP Negeri dengan prestasi belajar Siswanya Se-Provinsi Riau, hubungan ini terjadi sebesar 0.83. Selanjutnya tingkat signifikansi hubungannya diperoleh sebesar 0,68 atau sebesar 68 %. Dengan demikian kontribusi strategi mengajar guru-guru terhadap prestasi belajar siswanya cukup besar yakni mendekati 75%. Dengan kata lain hanya 25 % saja variabel lain yang akan mempengaruhi prestasi belajar para siswa tersebut dalam bidang studi bahasa inggeris.enKORELASI ANTARA STRATEGI MENGAJAR GURU- GURU BAHASA INGGRIS SLTP NEGERI DAN PRESTASI BELAJAR SISWANYA SE-PROPINSI RIAUUR e-Research