M. NatsirKarma, Asmara2015-07-042015-07-042015-07-04Dodyhttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/7181Dalam pelaksanaan pcrbaikan proses pembclajaran mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak pada Jurusan Matematika FMIPA Universitas Riau dengan beberapa metode antara lain ccramah, diskusi dan tanya javvab yang materinya disesuaikan dengan Garis-garis Besar Program Pengajaran (CJBPP) serta dirinci dalam Satuan Acara Perkuliahan (SAP) berdasarkan silabus dan kurikulum jurusan Matematika FMIPA UNRI, diperoleh peningkatan mutu dan hasil belajar yang cukup signifikan, baik dari segi kehadiran dan keaktifan kuliah mahasiswa maupun dari hasil evaluasi akhir terhadap mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak. Dari hasil evaluasi akhir yang telah dilaksanakan diperoleh data : - Rata-rata kehadiran jumlah mahasiswa dengan jumlah 51 orang adalah 96,23%. - Rata-rata IP mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak 2,90 yang sebelumnya (th 00/01) hanya 2,81 sehingga terdapat peningkatan IP matakuliah Kalkulus Peubah Banyak sebesar 3,27% Sedangkan prosentase kenaikan berdasarkan kategori nilai Dari tahun sebelumnya (00/01) ketahun (01/02) adalah Nilai A dari 16,6% meningkat menjadi 9,86% Nilai B dari 60,4% meningkat menjadi 68,58% Nilai C dari 22,9% meningkat menjadi 21,56%en-USKalkulus Peubah BanyakPerbaikan Proses Pembelajaran Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Jurusan MatematikaUR e-Research