WalterKeliat, Budi AnnaHastono, Sutanto PriyoSusanti, Herni2015-08-082015-08-082015-08-08978- 602-19166-0-5wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/7465Usia sekolah dasar disebut masa intelektual atau masa keserasian sekolah dalam mencapai perkembangan industri. Tahapan perkembangan industri penting sepanjang rentang perkembangan. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh terapi kelompok terapeutik terhadap perkembangan industri. Desain penelitian “Quasi experimental pre-post test with control group”. Sampel berjumlah 76, 38 orang kelompok intervensi, 38 orang kelompok control anak usia 6-9 tahun. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif, psikomotor dan perkembangan industri meningkat secara bermakna setelah diberikan terapi kelompok terapeutik (p-v < 0.05), kelompok yang tidak diberikan terapi kelompok terapeutik tidak meningkat secara bermakna, (p-value > 0.05). Penelitian direkomendasikan dilakukan pada anak usia sekolah untuk meningkatkan perkembangan industrinya.enterapi kelompok terapeutikperkembangan industryanak usia sekolahperawatan kesehatan jiwapromosi kesehatanPengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Perkembangan Industri Anak Usia Sekolah Di Panti Sosial Asuhan Anak Kota Bandung Tahun 2010UR-Proceedings