Azhar, Fadly2014-06-262014-06-262014-06-26078-602-19531-0-5wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6429Kajian ini bertujuan untuk menilai pengetahuan, sikap dan keterampilan guru SMP Negeri di Provinsi Riau dalam melaksanakan konsep pelaksanaan penilaian berbasis kelas (PBK). Sampel kajian adalah sebanyak 297 orang guru Bahasa Ingeris SMPN di Provinsi Riau. Kajian ini menggunakan Model Penilaian CIPP yang dikemukakan oleh Stufflebeam et al. (1971) yang berfokus pada faktor input, proses dan produk. Namun demikian, dalam kajian ini faktor yang dibahas adalah faktor input yang mencakup aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan guru dalam melaksanakan PBK. Angket merupakan instrumen pengumpulan data bagi faktor input ini. Alfa Cronbach untuk angket faktor input ini adalah antara 0.74 hingga 0.96 yang berarti memenuhi standar reliabiliti bagi suatu angket. Penganalisaan menggunakan analisis statistik deskriptif yang berfokus pada frekuensi, persentase, min skor, standar deviasi, dan interpretasi. Dapatan kajian menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat pengetahuan guru tentang konsep PBK dan tingkat keterampilan guru bahasa Inggris SMP Negeri di Provinsi Riau melaksanakan konsep PBK adalah pada interpretasi sederhana/sedang dengan min rata-rata = 3,46 (aspek pengetahuan) dan min rata-rata = 3,41 aspek keterampilan); manakala sikap mereka terhadap pelaksanaan konsep PBK berada pada interpretasi tinggi (min rata-rata = 3.88).enPENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI PROVINSI RIAU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN BERBASIS KELASUR-Proceedings