Ras, Fakhri2014-01-282014-01-282014-01-28wahyu sari yenihttp://hdl.handle.net/123456789/5362Penelitian yang berjudul “Analisis Paradigma Pengajaran Reading di SMU Negeri propinsi Riau” bertujuan untuk menemukan kerangka kerja pengajaran efektif dan efisien atas dasar kelebihan (strengths) dan kelemahan (weakness) para siswa. Dengun tercapainya tujuan tersebut, para guru dapat menghemat enegri di kelas (sebagai fasilitator dan komunikator) dalam memperkuat pemahaman siswa terhadap bacaan yang sedang mereka pelajari. Subjek penelitian adalah para siswa SMU Negeri Provinsi Riau yang terbagi kepada dua wilayah – daratan dan lautan namun mengingat sulitnya lokasi untuk dijangkau penelitian dilakukan dua wilayah daratan diwakili oleh siswa SMU Negeri Kotamadya Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Indragiri Hulu. Dalam penelitian ini akan diambil satu SMU di kotamadya Pekanbaru (SMUN 8), dua lagi di kabupaten Kampar (SMUN 1 Bangkinang) dan di Kabupaten Ingragiri Hulu (SMAN 1Rengat). Siswanya dibatasi padakelas dua saja mengingat masih besarnya pengaruh belajar di SLTP pada kelas I dan sibuknya para siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi EBTANAS pada siswa kelas III. Bentuk kelompok target dan kelompok kontrol, data dikumpulkan dalam satu rentangan waktu penelitian yakni 10 bulan yang dimulai denganpretest dan post-test (kedua-dua test tersebut adalah rancangan peneliti). Untuk mendapatkan test yang valid dan reliable, test yang sudah dirancang diujicoba (trying out) di SMU Negeri di luar kota terzebut diatas tetapi masih dalam wilayah Provinsi Riau. Hasil ujicoba tersebut akan diadakan analisis setiap pertanyaan tentang ambang batas tingkat kesulitan atau kemudahan yakni antara 26% sampai 75%.enAnalisis Paradigma pengajaran Reading di SMU Negeri Propinsi RiauUR e-Research