WULANDARI, SRI2013-02-222013-02-222013-02-22wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2266Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini dapat dilihat dari rerata nilai tes 1 siklus I 61,44 (cukup) dan siklus II menjadi 73,57 (baik). Adanya peningkatan nilai tes tersebut dapat mengindikasikan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan semakin baik, hal ini disebabkan pembelajaran berkelompok meiatih mahasiswa yang pandai membantu teman yang kurang pandai, saiing berbagi tugas dan bekerja sama sehingga pembelajaran lebih berpusat pada siswa, siswa menjadi lebih aktif dan mendapatkan banyak masukan melalui diskusi sehingga pemahaman mahasiswa terhadap suatu konsep lebih baik dan bermakna, yang akhimya akan bermuara kepada kenaikan hasil belajar. Menurut Ibrahim, dkk (2000) model pembelajaran berkelompok (kooperatf) dikembangkan untuk mencapai 3 tujuan yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman dan pengembangan keterampilan sosial.enPENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM PENERAPAN KONSEP RANCANGAN EKSPERIMEN MELALUI PEMBELAJARAN BERKELOMPOK PADA MATA KULIAH BIOMETRIUR e-Research