DarmawatiMariani NL2015-07-062015-07-062015-07-06Dodyhttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/7253Telah dilakukan penelitian tentang peningkatan pembelajaran evolusi melalui pembelaran kooperatif dengan pendekatan struktural Think Pair Share (TPS) pada Mahasiswa Biologi FKIP UNRI Tahun Ajaran 2006/2007. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Juni 2007. Sampei penelitian yaitu Mahasiswa semester 6 (enam) yang betjumlah 48 orang. Jenis penelitian adalzih penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran dan alat pengumpul data (test dan lembaran observasi mahasiswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap mahasiswa pada siklus 1 adalah 80,94 (Baik Sekali), sedangkan pada siklus 2 adalah 64,71 (Cukup). Untuk ketuntasan belajar secara klasikal adalah tuntas (97,92) pada siklus 1 dan siklus 2, tidak tuntas (70,83). Penghargaan berkelompok pada siklus 1 berkategori super (1 Kelompok = Hebat) dan pada siklus 2 semua kelompok (8 kelompok) berkategori baik. Sedangkan aktivitas mahasiswa dalam rata-rata 65,76 (baik). Dengan demikian penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan pembelajaran evolusi pada mahasiswa biologi.en-USPembelajaran EvolusiKooperatifThink Pair SharePeningkatan Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Think Pair Share Pada Mahasiswa BiologiUR e-Research