Natalina, MarianiDarmadi2014-02-222014-02-222014-02-22wahyu sari yenihttps://repository.unri.ac.id/handle/123456789/5672Telah dilakukan Penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNRI melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Struktural NHT Pada Mata kuliah Zoologi Vertebrata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan desember 2010. Sampel penelitian adalah mahasiswa semesteir 5 (lima) yang berjumlah 45 orang. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran dan alat pengumpul data (tes dan lembar observasi aktivitas mahasiswa). Hasil penelitian menunjukan daya serap mahasiswa pada siklus I adalah 74,44% (cukup), sedangkan pada siklus II adalah 76,98 (baik). Untuk ketuntasan belajar siklus i'61,efn aun siklus II 93,33% . Penghargaan kelompok pada siklus I 2 kelompok hebat dengan 6 kelompok super dan siklus II 5 kelompok hebat dengan 3 kelompok super. Sedangkan aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I rerata 84,01 (baik) dan pada pada siklus II rerata 83,56 (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulka npenerapan pembelajaran Kooperatif Struktural NHT dapat meningkatkan hasil belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNRI pada Mata kuliahZoologi VertebrataenPembelajaran Kooperatif Struktural Numbered Heads Together (NHT)Hasil Belajar BiologiZoologi VertebrataPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNRI PADA MATAKULIAH ZOOLOGI VERTEBRATAUR e-Research