Mulian, YenniAziz, Zahara2014-06-262014-06-262014-06-26078-602-19531-0-5wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6424Media pengajaran merupakan sarana bahan bantu yang dapat memberi kemudahan pelajar untuk belajar terutama melalui indera pendengaran dan penglihatan. Bahan bantu ini dapat mempercepat proses pembelajaran murid dan dapat membuat pengajaran menarik dan relatif lebih mudah. Keberhasilan proses belajar sangat tergantung dari pemamfaatan semua indera yang dimilki manusia itu sendiri. Melalui penggunaan media murid dapat mengajar dirinya sendiri untuk mencapai tujuan pendidikan. Media pengajaran dapat membantu guru dalam menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim emosional yang sehat diantara murid-muridnya. Media pengajaran digunakan untuk meningkatkan keberkesanan pengajaran, karena dengan media hal yang abstrak menjadi konkrit dan mudah dimengerti. Salah satu masalah dalam pendidikan adalah kepelbagaian siswa dalam pengalaman yang menyebabkan perbezaan persepsi siswa terhadap pengajaran tertentu. Berkaitan dengan hal tersebut, maka melalui makalah ini penulis ingin membincangkan tentang pengggunaan media gambar dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa sehingga dapat mengatasi masalah yang telah disebutkan diatas. Media gambar yang baik, dalam pengajaran bahasa dapat berfungsi membantu memahami hal-hal yang sulit diterangkan dengan kata-kata juga dapat menyamakan persepsi pelajar terhadap sesuatu kata yang diajarkan. Media ini berfungsi menyalurkan pesan dari sumber informasi ke penerima pesan. Di samping itu, media gambar merupakan media visual yang dapat membantu guru dalam penyampaian pesan secara nyata sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep bahan pembelajaran. Media gambar relatif murah, mudah difahami, dan mudah dinikmati.enPENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASAUR-Proceedings