DSpace Repository

Penerapan Pembelajaran Matematika Kolaboratif dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI

Show simple item record

dc.contributor.author Saputra, Nisvu Nanda
dc.date.accessioned 2018-02-21T01:44:33Z
dc.date.available 2018-02-21T01:44:33Z
dc.date.issued 2018-02-21
dc.identifier.isbn 978-979-792-552-9
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9240
dc.description.abstract Keterampilan pemecahan masalah merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika karena dalam kehidupan sehari-hari setiap orang memerlukan keterampilan pemecahan masalah. Kesulitan siswa dalam pemecahan masalah dikarenakan siswa (a) menganggap soal pemecahan masalah merupakan soal yang sulit; (b) rendahnya keterampilan dalam menemukan informasi dari soal; (c) siswa tidak memiliki cara-cara kreatif dalam pemecahan masalah; (d) tidak melakukan perencanaan dalam pemecahan masalah sehingga mereka kebingungan untuk memecahkan masalah. Pembelajaran kolaboratif bertujuan agar siswa menemukan cara-cara kreatif dalam pemecahan masalah, karena pembelajaran kolaboratif memungkinkan siswa berdiskusi dan menerima pendapat serta melakukan penilaian terhadap hasil dari anggota kelompok. Pendekatan metakognitif menekankan siswa untuk melakukan kegiatan merancang, memantau dan evaluasi terhadap pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI dengan menerapkan pembelajaran matematika kolaboratif pendekatan metakognitif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes pemecahan masalah, lembar observasi siswa dan wawancara siswa. Data yang diperoleh dari tes pemecahan diolah untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah. Lembar observasi siswa digunakan untuk mengetahui apakah siswa melaksanakan kegiatan kolaboratif dan metakognitif dalam pemecahan masalah. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan serta mengatahui metakognitif siswa dalam pemecahan masalah.. Temuan pada penelitian ini adalah berdasarkan lembar observasi kegiatan kolaboratif dan aktivitas metakognitif sudah terlaksana dalam pemecahan masalah siswa. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah berdasarkan tes pemecahan masalah 85,71% telah mencapai standar keberhasilan yang ditetapkan. Sehingga penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan metakognitif dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2018-02-21T01:44:33Z No. of bitstreams: 1 48 Nisvu Nanda Saputra OK.pdf: 3839576 bytes, checksum: e2b2b67b2848da36b4967075adbf0650 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2018-02-21T01:44:33Z (GMT). No. of bitstreams: 1 48 Nisvu Nanda Saputra OK.pdf: 3839576 bytes, checksum: e2b2b67b2848da36b4967075adbf0650 (MD5) Previous issue date: 2018-02-21 en
dc.description.sponsorship Prosiding Seminar Nasional dan Kongres IndoMS Wilayah Sumatera Bagian Tengah FMIPA Universitas Riau, 14-15 Nopember 2014 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject Kolaboratif en_US
dc.subject Pendekatan Metakognitif en_US
dc.subject Pemecahan Masalah en_US
dc.title Penerapan Pembelajaran Matematika Kolaboratif dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account