DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMKN Kehutanan Pekanbaru

Show simple item record

dc.contributor.author Sadam, Muhammad Rizki
dc.contributor.author Risnawati, Risnawati
dc.date.accessioned 2018-02-21T01:40:33Z
dc.date.available 2018-02-21T01:40:33Z
dc.date.issued 2018-02-21
dc.identifier.isbn 978-979-792-552-9
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9238
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMKN Kehutanan Pekanbaru.Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN Kehutanan Pekanbaru semester genap tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 93 siswa yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Jati sebagai kelas eksperimen dan X Mahoni sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling.Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X SMKN Kehutanan Pekanbaru sebagai variabel terikat dan penerapan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, dan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas satu pertemuan untuk mengadakan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest.Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMKN Kehutanan Pekanbaru. Adanya perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 2,072 dibandingkan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada taraf signifikan 5% adalah 2,000 atau 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2018-02-21T01:40:33Z No. of bitstreams: 1 46 MUHAMMAD RIZKI SADAM OK.pdf: 2637745 bytes, checksum: cdd521af48ca06c860d8223be9a1abfa (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2018-02-21T01:40:33Z (GMT). No. of bitstreams: 1 46 MUHAMMAD RIZKI SADAM OK.pdf: 2637745 bytes, checksum: cdd521af48ca06c860d8223be9a1abfa (MD5) Previous issue date: 2018-02-21 en
dc.description.sponsorship Prosiding Seminar Nasional dan Kongres IndoMS Wilayah Sumatera Bagian Tengah FMIPA Universitas Riau, 14-15 Nopember 2014 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject Pembelajaran Terbalik en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMKN Kehutanan Pekanbaru en_US
dc.type Article en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account