DSpace Repository

PROFIL LEARNING PROGRESSION MAHASISWA CALON GURU SD TERKAIT KONSEP BENDA NETRAL SETELAH AKTIVITAS VMMSCCText

Show simple item record

dc.contributor.author Hermita, Neni
dc.contributor.author Suhandi, Andi
dc.contributor.author Syaodih, Ernawulan
dc.contributor.author Samsudin, Achmad
dc.date.accessioned 2018-01-02T07:50:13Z
dc.date.available 2018-01-02T07:50:13Z
dc.date.issued 2018-01-02
dc.identifier.issn 2252-6676
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://www.jurnalpedagogika.org
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9116
dc.description.abstract Telah dilakukan investigasi untuk mendapatkan gambaran tentang profil learning progression mahasiswa calon guru SD setelah aktivitas Visual Multimedia Supported Conceptual Change Text (VMMSCCText). Sebelumnya, VMMSCCText telah dikembangkan untuk memfasilitasi learning progression mahasiswa calon guru SD hanya dengan membaca text. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil learning progression mahasiswa calon guru SD terkait konsep benda netral setelah mengikuti aktivitas VMMSCCText. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang diimplementasikan pada 30 orang mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau pada mata kuliah Konsep Dasar IPA. Profil learning progression pada mahasiswa diinvestigasi dengan uji diagnostik dalam format four tier test (FTT) dan penilaian pada LKM, kemudian dianalisis berdasarkan tipe learning progression. Tipe learning progression terdiri dari 1) Konsisten dengan konsepsi ilmiah (Tipe I); 2) Berprogres dengan baik (Tipe II); 3) Tidak berprogres (Tipe III); dan Mengalami Degradasi (Tipe IV). Hasil penelitian dengan VMMSCCText menunjukkan tipe I sekitar 13,33%, tipe II sekitar 80%, tipe III 6,67% dan tipe IV sekitar 0%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa VMMSCCText mampu meremediasi miskonsepsi dan mengem en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2018-01-02T07:50:13Z No. of bitstreams: 2 06. Jurnal Pedagogika-VMMSCCText, Learning Progression dan remediasi miskonsepsi.pdf: 1701723 bytes, checksum: 78a19d024ab51c6762d1f2691bc92ba3 (MD5) 06. Jurnal Pedagogika-VMMSCCText, Learning Progression dan remediasi miskonsepsi.pdf: 1701723 bytes, checksum: 78a19d024ab51c6762d1f2691bc92ba3 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2018-01-02T07:50:13Z (GMT). No. of bitstreams: 2 06. Jurnal Pedagogika-VMMSCCText, Learning Progression dan remediasi miskonsepsi.pdf: 1701723 bytes, checksum: 78a19d024ab51c6762d1f2691bc92ba3 (MD5) 06. Jurnal Pedagogika-VMMSCCText, Learning Progression dan remediasi miskonsepsi.pdf: 1701723 bytes, checksum: 78a19d024ab51c6762d1f2691bc92ba3 (MD5) Previous issue date: 2018-01-02 en
dc.description.sponsorship Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan ISSN 2252-6676 Volume 7, No. 2, Agustus 2017 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject VMMSCCText en_US
dc.subject Learning Progression en_US
dc.subject remediasi miskonsepsi en_US
dc.title PROFIL LEARNING PROGRESSION MAHASISWA CALON GURU SD TERKAIT KONSEP BENDA NETRAL SETELAH AKTIVITAS VMMSCCText en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account