Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap basil belajar matematika siswa SDN
Kecamatan Mandau tahun ajaran 2014/2015. Bentuk penelitian adalah penelitian kuasi
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Kecamatan Mandau
dengan sampel dua kelas IV SDN 13 Gajah Sakti dari kelompok atas, SDN 32 Balai
Makam dari kelompok tengah, dan SDN 60 Petani dari kelompok bawah yang. berjumlah
78 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 80 orang siswa sebagai kelas kontrol. Tc_knik
pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan observasi.
Berdasarkan hasil analisis data observasi diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe
STAD memberikan dampak yang baik dalam proses pembelajaran. Analisis data basil
belajar menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan
dampak yang, paling baik pada siswa SDN 60 Petani yang berasal dari kelompok bawah
diikuti SD 32 Balai Makam dari kelompok tengah dan SDN 13 Gajah Sakti dari kelompok
atas. Analisis data basil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol setiap kelompok
sampel menunjukkan perbedaan yang signifikan, dimana basil belajar kelompok
eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol.