DSpace Repository

ANALISA KELAYAKAN PEMBANGUNAN JALAN TOL DENGAN PENDEKATAN STOKASTIK STUDI KASUS RENCANA RUAS TOL PEKANBARU-KANDIS

Show simple item record

dc.contributor.author Alfian
dc.date.accessioned 2016-09-06T06:37:28Z
dc.date.available 2016-09-06T06:37:28Z
dc.date.issued 2016-09-06
dc.identifier.isbn 978-979-792-243-6
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/8654
dc.description.abstract Pembangunan jalan tol memerlukan investasi relative besar, akibat keterbatasan dana, pihak pemerintah melakukan kemitraan dengan pihak swasta (Public-Private Partnership) dengan konsep kerjasama BOT (Build Operate Transfer) dan konsep pembiayaan non-resource project financing. Metode penilaian kelayakan investasi yang umum digunakan adalah melalui pendekatan deterministic yang akan menghasilkan satu penilaian tunggal. Informasi yang dihasilkan sangat terbatas dan tidak mempresentasikan adanya risiko dan ketidakpastian yang mungkin akan dihadapi sebagaimana realita investasi itu sendiri. Bagi investor, pengambilan keputusan strategi bisnis dengan informasi yang minim tentu saja sangat berisiko. Penelitian ini mencoba untuk melakukan analisis investasi dengan pendekatan stokastik sebagai upaya untuk memberikan informasi yang lebih komprehensif sehubungan dengan pengambilan keputusan pada tingkat kepercayaan tertentu. Analisis dilakukan melalui penerapan metode NPV-at-Risk, dengan menggunakan data historis untuk beberapa variable berisiko, pendapat para ahli, dan hasil penelitian sebelumnya. Disamping itu, penelitian ini juga akan menghasilkan sensitifitas variable-variabel yang berpengaruh pada investasi jalan tol. Hasil analisa dengan pendekatan stokastik pada penelitian ini menunjukan bahwa dengan masa konsesi 35 tahun dan dengan tariff kendaraan golongan I Rp. 490/Km, proyek pembangunan jalan Pekanbaru-Kandis secara finansial. NPV positis dicapai pada tahun ke-21 dari masa konsesi. Dari perspektif bisnis, pencapaian NPV positif yang lambat menyebabkan investasi akan rentan terhadap risiko dan ketidakpastian sehingga dapat memengaruhi keputusan investor. Variabel-variabel yang paling berpengaruh berdasarkan hasil analisis secara berurutan adalah : 1) SBI, 2) Inflasi, dan 3) Jumlah kendaraan golongan III, IV, V en_US
dc.description.provenance Submitted by Dody Azwir (dody_azwir@yahoo.co.id) on 2016-09-06T06:37:28Z No. of bitstreams: 1 01. alfian.PDF: 5028846 bytes, checksum: 0459a867584da4486e8d925856b3b921 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2016-09-06T06:37:28Z (GMT). No. of bitstreams: 1 01. alfian.PDF: 5028846 bytes, checksum: 0459a867584da4486e8d925856b3b921 (MD5) en
dc.language.iso en_US en_US
dc.subject discount rate en_US
dc.subject investments en_US
dc.subject NPV-at-Risk en_US
dc.subject stochastic en_US
dc.subject toll road en_US
dc.title ANALISA KELAYAKAN PEMBANGUNAN JALAN TOL DENGAN PENDEKATAN STOKASTIK STUDI KASUS RENCANA RUAS TOL PEKANBARU-KANDIS en_US
dc.type UR-Proceedings en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account