DSpace Repository

Tahanan Cabut Tulangan Bajapada Tanah Berpasir

Show simple item record

dc.contributor.author Fatnanta, Ferry
dc.contributor.author Muhardi
dc.contributor.author Putra, Hadiyan
dc.date.accessioned 2016-03-07T03:19:13Z
dc.date.available 2016-03-07T03:19:13Z
dc.date.issued 2016-03-07
dc.identifier.isbn 978-979-792-636-6
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/8055
dc.description.abstract Pertama kali metode perkuatan tanah tersebut menggunakan potongan logam sebagai perkuatan tanah pada struktur perkuatan tanah. Jenis teknik perkuatan tanah tersebut sangat cocok digunakan pada struktur dinding penahan tanah, struktur jalan, fondasi jembatan dan perbaikan lereng. Penggunaan tulangan baja sebagai perkuatan tanah menunjukkan bahwa selain struktur lebih stabil dan pemasangan lebih mudah, namun juga mampu mengurangi deformasi dalam arah vertikal dan lateral. Pasir bergradasi baik (SW) digunakan pada studi ini. Alasan penggunaan pasir gradasi baik sebagai media uji karena pasir gradasi baik merupakan material yang seharusnya digunakan sebagai material timbunan pada dinding penahan tanah, selain alasan tersebut di atas, pasir bukan merupakan tanah kohesif, jadi kekuatan geser tanah tersebut tidak dipengaruhi oleh kadar air. Sifat studi ini merupakan pengujian skala laboratorium. Pada pengujian tahanan cabut ini menggunakan tulangan baja diameter 10mm. Pengujian tarik tulangan baja dilakukan pada arah longitudinal, arah transversal, dalam bentuk persegi dan segi tiga serta kombinasi bentuk persegi dan segi tiga. Pada setiap pengujian tarik tersebut dilakukan pada kondisi OMC (optimum water content) dan tegangan normal terhadap baja tulangan tersebut adalah overburden tanah. Dari berbagai variasi bentuk baja tulangan, hasil pengujian menunjukkan bahwa bentuk persegi mempunyai tahanan cabut yang paling besar dibandingkan tahanan cabut bentuk lainnya, sedangkan bentuk longitudinal memberikan tahanan cabut yang paling rendah. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2016-03-07T03:19:13Z No. of bitstreams: 1 017_FerryFatnanta.pdf: 425883 bytes, checksum: e1f72ad7f6e7c3e986b06611f5b5436b (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2016-03-07T03:19:13Z (GMT). No. of bitstreams: 1 017_FerryFatnanta.pdf: 425883 bytes, checksum: e1f72ad7f6e7c3e986b06611f5b5436b (MD5) en
dc.description.sponsorship Annual Civil Engineering Seminar 2015, Pekanbaru en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject baja tulangan en_US
dc.subject OMC en_US
dc.subject tahanan en_US
dc.subject pasir en_US
dc.title Tahanan Cabut Tulangan Bajapada Tanah Berpasir en_US
dc.type UR-Proceedings en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account