Abstract:
Telah dilakukan kegiatan penelitian terhadap perbaikan pembelajaran Mata
Kiiliah Teori Pengukuran. Kegiatan ini dilakukan terhadap mahasiswa jurusan Fisika
FMIPA UNRI yang yang mengambil mata kuliah Teori Pengukuran semester ganjil
Tahun Ajaran 1999/2000 yang berjimilah 1 orang, dilaksanakan pada bulan September -
Desember 1999. Sebagai pembanding adalah mahasiswa yang telah mengambil mata
kuUah Teori Pengukuran semester ganjil Tahun Ajaran 1998/1999.
Evaluasi terhadap kegiatan perkuliahan tersebut berdasarkan komponen yaitu :
pekerjaan rumah yang diberikan setiap selesai bab pembahasan, quis yang diberikan
setiap minggu, ujian pertengalian semester dan ujian semester. Evaluasi akhir
menggunakan ketentuan : PR = 10 % , Quiz = 15 % , Mid Semester = 25 9b dan Ujian
Semester = 50 %, serta kriteria penilaian yang digunakan adalah : x > 80 = A, 70 <
.X < 80 = B, 55 < -x < 70 = C, 40 > X < 55 = D dan x < 40 = E.
Hasil akhir nilai rata-rata mahasiswa Teori Pengukuran Tahun Ajaran 1999'2000
adalah 75. Berdasarkan pengelompokan nilai menurut sistem huruf,- diperoleh parsentase
yaitu : Nilai B = 100 % dan nilai A, nilai C, nilai D dan nilai E = 0 % (tidak ada).
Sebagai pembanding dari hasil kegiatan perbaikan mengajar ini, diambil nilai
mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Teori Pengukoiran semester ganjil Tahim
Ajaran 1998T999. Parsentase perolehan nilai mahasiswa tersebut dengan kriteria
penilaian yang sama dengan nilai mata kuliah Teori Pengukuran semester ganjil Tahun
Ajaran 19992000 diperoleh nilai A - 22 % (2 orang), nilai B = 22 % (2 orang), nilai C =
56 % (5 orang) dan nilai D serta nilai E = 0 °-o (tidak ada), dengan nilai rata-rata
mahasiswa 68,89 ± 9,88.
Jika dibanding tingkat keberhasilan penguasaan materi perkuliahan antara kedua
kelompok mahasiswa tersebut jika diuji secara statistik berdasarkan perbandingan nilai
rata-rata dan standar deviasi ( uji-t tidak dapat dilakukan karena populasi sama dengan
sampel ) dan dari prasentase perolehan nilai, terdapat perbedaan yang cukup berarti. kaiena yang mengambil mata kuliah Teori Pengukuran ini hanya satu orang dan tingkat
keberhasilan penguasaan materi tidak dapat dibandingkan