DSpace Repository

PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG DIAWALI DENGAN PEMBERIAN SOAL CERITA: PENELITIAN TINDAKAN DI SDN 004 RUMBAI PEKANBARU

Show simple item record

dc.contributor.author Zulkarnain
dc.date.accessioned 2014-06-26T03:49:32Z
dc.date.available 2014-06-26T03:49:32Z
dc.date.issued 2014-06-26
dc.identifier.isbn 078-602-19531-0-5
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6442
dc.description.abstract Hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari kemampuan mereka menyelesaikan soal matematika yang melibatkan soal pengiraan dan soal cerita. Soal cerita adalah soal yang disajikan dalam bentuk cerita dan berkaitan dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang penting di sekolah, karena soal cerita dapat meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah. Namun kenyataannya ialah matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati siswa. Penguasaan siswa dalam matematika masih rendah serta siswa sukar untuk menyelesaikan masalah soal cerita. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki pembelajaran guru dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran matematika yang diawali dengan pemberian soal cerita di salah satu sekolah dasar di Pekanbaru. Peneliti melihat kemampuan guru untuk memotivasi siswa dan menstruktur pembelajaran matematika yang diawali dengan pemberian soal cerita. Kaedah penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Penelitian tindakan dilakukan secara kolaboratif bersama peneliti dan seorang guru matematika. Subjek penelitian terdiri dari 21 orang siswa kelas V (umur 10-11 tahun). Kaedah pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru menjalankan pembelajaran matematika yang diawali dengan pemberian soal cerita kurang memuaskan dan banyak mengalami masalah pada bagian awal tindakan. Namun kemampuan guru tersebut semakin meningkat dan mantap pada bagian akhir tindakan. Hal ini terlihat dari kemampuan guru menggunakan pembelajaran matematika yang diawali dengan pemberian soal cerita pada siklus I mencapai rata-rata 22.21 yang berada pada peringkat kurang, naik menjadi rata-rata 26.36 pada siklus II yang berada pada peringkat baik, dan naik lagi menjadi rata-rata 32.63 pada siklus III yang berada pada peringkat di atas batas sangat baik. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2014-06-26T03:49:32Z No. of bitstreams: 1 144_12.pdf: 83525 bytes, checksum: fda91effb2185a6749777fba2fc0e9c9 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2014-06-26T03:49:32Z (GMT). No. of bitstreams: 1 144_12.pdf: 83525 bytes, checksum: fda91effb2185a6749777fba2fc0e9c9 (MD5) en
dc.description.sponsorship Seminar Pendidikan Serantau 2011 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.title PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG DIAWALI DENGAN PEMBERIAN SOAL CERITA: PENELITIAN TINDAKAN DI SDN 004 RUMBAI PEKANBARU en_US
dc.type UR-Proceedings en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account