Abstract:
Telah dilakukan penelitian deskriptif di kecamatan Tualang, kabupaten Siak sri
inderapura pada bulan Agustus-September 2013. Populasi penelitian adalah guru dari 13
SMP di kecamatan Tualang. Sampel penelitian ditentukan secara pertimbangan, yaitu
guru sains yang mengajar di kelas VII Tahun Pelajaran 2012-2013 sebanyak 35 orang
guru. Instrumen penelitian adalah angket Quetioner tertutup pengembangan perangkat
dengan menggunakan skala lingkert. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan kompetensi
kandungan isi dan reka bentuk RPP berbasiskan kurikulum 2013 dikalangan guru sains
melalui pelatihan pendampingan LPTK-UR. Hasil penelitian pengembangan perangkat
pembelajaran didapati min skor masing-masing kandungan isi (4.56) dengan min skor
terendah (4,40) pada item 5 (kejelasan perumusan tujuan pembelajaran). Reka bentuk
dengan min skor (4.62) dikategorikan baik, min skor terendah adalah kejelasan uraian
pertanyaan pada LKS dan RPP (item 8) dikategorikan baik dengan min skor 4.29.
Simpulan adalah kompetensi guru sains dalam pengembangan perangkat pembelajaran
berbasiskan kurikulum 2013 yang telah dilatihkan melalui pendampingan LPTK-UR
menunjukkan hasil baik.