DSpace Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONNIKA DASAR PADA KELAS X JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMKN 1 GUNUNG SAHILAN

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmad, Muhammad
dc.contributor.author Riska, Anna
dc.contributor.author Sukaya
dc.date.accessioned 2014-03-10T03:08:00Z
dc.date.available 2014-03-10T03:08:00Z
dc.date.issued 2014-03-10
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/5830
dc.description.abstract Rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMKN 1 Gunung Sahilan pada mala pelajaran eleklronika dasar, disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain strategi belajar yang kurang sesuai, pembelajaran yang didominasi oleh guru, dan interaksi belajar siswa dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ko g n itif siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Elektronika Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel 2 kelas dari populasi yang ada di kelas X TKJ SMKN 1 Gunung Sahilan. Variabel yang diteliti adalah hasil belajar kognitif siswa pada pokok bahasan Mengenal komponcn Elektronika p a s i f berupa tes objektif yang diberikan setelah siswa diberi perlakukan berupa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (Kelas Eksperimen) dan pembelajaran konvensional (Kelas kontrol). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan pcngolahan data yang telah dilakukan yaitu uji hipotesis, dapat dikatakan diterima pada taraf nyata 2% ( terdapat pengaruh yang signifikan) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Elektronika Dasar. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol. yaitu siswa yang belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw memiliki nilai rata-rata = 74,30 sedangkan siswa yang belajar dengan metode konvensional memiliki nilai rata-rata 68,20 en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2014-03-10T03:08:00Z No. of bitstreams: 1 3. Artikel.pdf: 2147359 bytes, checksum: 97bdb672a72a41fbe9ff7c690b1bfd06 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2014-03-10T03:08:00Z (GMT). No. of bitstreams: 1 3. Artikel.pdf: 2147359 bytes, checksum: 97bdb672a72a41fbe9ff7c690b1bfd06 (MD5) en
dc.description.sponsorship SEMINAR SERANTAU KE-5 TAHUN 2011 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONNIKA DASAR PADA KELAS X JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMKN 1 GUNUNG SAHILAN en_US
dc.type UR-Scientific Work Lecturer en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account