DSpace Repository

HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIOLOGI FKIP UNRI TAHUN 2007 – 2008

Show simple item record

dc.contributor.author Yustina
dc.date.accessioned 2014-02-26T04:15:59Z
dc.date.available 2014-02-26T04:15:59Z
dc.date.issued 2014-02-26
dc.identifier.isbn 978-602-95166-0-9
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri https://repository.unri.ac.id/handle/123456789/5727
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa melalui pendekatan konstruktivisme pada mata kuliah praktikum Ilmu Pengetahuan Lingkungan (IPL). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret – Juni 2008, sabjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II dengan jumlah mahasiswa sebanyak 48 orang (42 perempuan dan 6 laki-laki) di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI semester genap T.A 2007/2008. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan parameter yaitu keterampilan proses, daya serab dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan konstrukstivisme dapat mengembangkan keterampilan proses pada siklus pertama dan kedua iaitu: keterampilan observasi (83,1% dan 89,5%), memprediksi (82,6% dan 83,8%), mengkoleksi data (85,0% dan 84,5%), komunikasi (83,5% dan 78,5%), dan menarik kesimpulan (83,2% dan 79,3%), dengan masing-masingnya dikatagorikan baik. Pada siklus kesatu keterampilan proses merancang (78,5%) dikategorikan cukup dan aplikasi (80%) dikategorikan baik, sedangkan pada siklus kedua, keterampilan proses merancang (74,9%) dan aplikasi (76,4%) masing-masing dikategorikan cukup. Kemampuan pemahaman konseptual (daya serab) mahasiswa pada siklus pertama rerata tes tertulis sebesar 78,65 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 87 %, pada siklus kedua rerata tes tertulis sebesar 79,57 dengan persentase ketuntasan sebesar 96 %, namun secara individual masih terdapat mahasiswa yang memperoleh nilai < 65, Hal ini dapat diartikan bahwa ada keterkaitan yang sangat erat antara keterampilan proses dengan daya serab dan dengan tingkat ketuntasan kelas yang dicapai lebih dari 80%. Maka disimpulkan bahwa melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Lingkungan pada mahasiswa semester genap T.A 2007/2008 di program studi pendidikan Biologi FKIP-UNRI. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2014-02-26T04:15:59Z No. of bitstreams: 3 Cover.pdf: 368584 bytes, checksum: 93ce525117067445b4fc67f05f39706e (MD5) Daftar Isi.pdf: 356626 bytes, checksum: 861a62bbd602c213195644c86d2b4264 (MD5) Artikel.pdf: 815036 bytes, checksum: 16c3d5163abdde40a0036e7ab3e8a29e (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2014-02-26T04:15:59Z (GMT). No. of bitstreams: 3 Cover.pdf: 368584 bytes, checksum: 93ce525117067445b4fc67f05f39706e (MD5) Daftar Isi.pdf: 356626 bytes, checksum: 861a62bbd602c213195644c86d2b4264 (MD5) Artikel.pdf: 815036 bytes, checksum: 16c3d5163abdde40a0036e7ab3e8a29e (MD5) en
dc.description.sponsorship SEMINAR NASIONAL BIOLOGI, ILMU LINGKUNGAN & PEMBELAJARANNYA Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2009 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject Pendekatan Konstruktivisme en_US
dc.subject Keterampilan proses en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.title HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIOLOGI FKIP UNRI TAHUN 2007 – 2008 en_US
dc.type UR-Scientific Work Lecturer en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account