Abstract:
Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil
belajar mahasiswa melalui pendekatan konstruktivisme pada mata kuliah praktikum
Ilmu Pengetahuan Lingkungan (IPL). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret –
Juni 2008, sabjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II dengan jumlah
mahasiswa sebanyak 48 orang (42 perempuan dan 6 laki-laki) di Program Studi
Pendidikan Biologi FKIP UNRI semester genap T.A 2007/2008. Penelitian ini
dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan parameter yaitu keterampilan proses, daya
serab dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan
konstrukstivisme dapat mengembangkan keterampilan proses pada siklus pertama
dan kedua iaitu: keterampilan observasi (83,1% dan 89,5%), memprediksi (82,6%
dan 83,8%), mengkoleksi data (85,0% dan 84,5%), komunikasi (83,5% dan 78,5%),
dan menarik kesimpulan (83,2% dan 79,3%), dengan masing-masingnya
dikatagorikan baik. Pada siklus kesatu keterampilan proses merancang (78,5%)
dikategorikan cukup dan aplikasi (80%) dikategorikan baik, sedangkan pada siklus
kedua, keterampilan proses merancang (74,9%) dan aplikasi (76,4%) masing-masing
dikategorikan cukup. Kemampuan pemahaman konseptual (daya serab) mahasiswa
pada siklus pertama rerata tes tertulis sebesar 78,65 dengan persentase ketuntasan
kelas sebesar 87 %, pada siklus kedua rerata tes tertulis sebesar 79,57 dengan
persentase ketuntasan sebesar 96 %, namun secara individual masih terdapat
mahasiswa yang memperoleh nilai < 65, Hal ini dapat diartikan bahwa ada
keterkaitan yang sangat erat antara keterampilan proses dengan daya serab dan
dengan tingkat ketuntasan kelas yang dicapai lebih dari 80%. Maka disimpulkan
bahwa melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Lingkungan pada mahasiswa semester genap T.A 2007/2008 di
program studi pendidikan Biologi FKIP-UNRI.