Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang ditimbulkan
oleh variabel perilaku konsumen yang terdiri dari faktor sosial, faktor
kepribadian dan faktor psikologi terhadap pengambilan keputusan pembelian
jasa angkutan taxi eksekutif dan super eksekutif pada CV. Taxi Kita Bersama
Pekanbaru.
Penelitian ini menggunakan teknik purposiv sampling maka terpilih 385
orang sample. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini met ode
deskriptif kuantitatif dan kualitatif, analisis secara simultan dan parsial (analisis
regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 17.0)
Dari hasil pengujian yang dilakukan, uji regresi simultan (Uji F)
menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas yang diteliti memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, uji regresi parsial (Uji T)
menunjukkan bahwa variabel sosial, kepribadian, dan psikologi memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Dan varia bel
sosial memiliki pengaruh paling signifikan terhadap keputusan pembelian.
Sedangkan variabel psikologis yang paling kecil berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian. Besarnya pengaruh yang ditimbulkan (R
2
) oleh ketiga
variable ini secara bersama- sama terhadap variabel terkaitnya sebesar 67,1%
menerangkan bahwa keputusan pembelian jasa angkutan taxi eksekutif dan super
eksekutif CV. Taxi Kita Bersama Pekanbaru dapat diterangkan oleh faktor sosial,
kepribadian dan psikologis. Sedangkan sisanya 32, 9% dipengaruhi oleh variabel
lainnya yang tidak diamati dalam penelitian ini.