1.Seminar SERANTAU Ke-5 Tahun 2011
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing 1.Seminar SERANTAU Ke-5 Tahun 2011 by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 57
Results Per Page
Sort Options
Item PENERAPAN STRATEGI MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNRI PADA MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA I(2014-01-21) AzizahwatiThe purpose of research was to find improvement the student physics learning motivation on the major fisika matematika I through the strategy of mastery learning. The subject of this research was 40 student of Physic Department of FKIP UNRI on 2009-2010 academic’s year. Research instrument used of collecting data in this research is questioner first motivation and questioner end motivation. The student motivation data analysis showed that; (1) The motivation student learning as the topic fourier series trough applying mastry learning approach implementation is categorized high and (2) Improvement the students physics learning motivation through applying mastery learning approach implementation 13,68%.Item PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOMPERATIF PENDEKATAN NHT DAN TSOS DI KELAS X SMA NEGERI 12 PEKANBARU(2014-01-21) Zulhelmi; Noer, Muhammad; Azizahwati; Yusber, Rosi; Suryani, LiliThe aim of these research is to know the cognitive skill and social skill development of students in learning physic by applying copperative model with NHT approach and TSOS to kinematic of rectilinear motion subject in SMA Negeri 12 Pekanbaru academic year 2009/2010. The subject of this research is class X4 and the total of the students are 36. The research instruments are cognitive test and observation sheet of social skill. The data collection techniques are test and observation. descriptive analysis of average student learning outcomes 74.6% in both categories, inferential analysis results show that the proposed research hypothesis can be accepted at the signficant level of confidence of 95%. The data analyzed descriptively which included 5 indicators: doing task (91,67%) high categories, support participation (75%) high categories, took the turn and share the task (76,56%) high categories, listening actively (86,72%) high categories and asking question (59,38%) medium categories. So that, the application of cooperative model with NHT approach and TSOS could exercised the cognitive skill and social skilldevelopment of stdents at SMA Negeri 12 Pekanbaru to kinematic of rectilinear motionItem MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSIPROFESIONALISME GURU-GURU SMAN PEKANBARU INDONESIA(2014-01-29) Nur, Muhammad; Othman, NorasmahKajian ini bertujuan untuk menilai dan mengenalpasti tahap motivasi kerja dan kompetensi profesional dalam kalangan guni-guru SMAN Pekanbaru bagi menilai mutu dan kualiti pendidikan di SMAN dari segiperanan dan komitmen gum-guru terhadap bidang keguruan. Motivasi kerja meliputi ciri-ciri beikut: (1) keinginan untuk berjaya, (2) inisiatifketika bekerja, (3) akauntabilitiprofesional serta (4) semangat bekerja dan ketekunan bekerja manakala kompetensi profesionalisme dalam kajian ini pula merujuk kepada ciri-ciri berikut: (1) menguasai matlamatyang berkaitan landasan pendidikan, visi dan misi, (2) memahami dan menguasai sepenuhnya standard pendidikan nasional serta (3) memahami langkahlangkah mengembangkan bahan kurikulum dan bahan pelajaran di bilik darjah. Kajian ini berbentuk tinjauan menggunakan instrumen soal selidik untukdiedarkan kepada 327 orangguru dalam kalangan SMAN Pekanbaru, Indonesia yang melibatkan pemegang Ijazah Sarjanamuda (SI) dan Sarjana (S2). Dapatan kajian tentang tahap motivasi kerja menunjukkan ciri-ciri motivasi kerja yang paling menonjol ialah keinginan untuk berjaya. Hal ini bermaksud guru-guru SMAN Pekanbaru mempunyai dorongan internal untuk berjaya dalam kerjaya, manakala ciri-ciri yang lain hanya berada pada tahap yang sederhana tinggi. Terdapat perbezaan yang signifikan dari segi min motivasi kerja guru lelaki dengan guru perempuan SMAN Pekanbaru, Riau, Indonesia. Tahap kompetensi profesional guru-guru SMAN di Pekanbaru, Riau, Indonesia adalah pada tahap yang cukup berkompetensi dengan nilai min skor 70.02. Terdapat perbezaan yang signifikan dari segi min kompetensi profesional guru lelaki dengan guru perempuan iaitu guru perempuan memiliki kompetensi profesional yang lebih tinggi berbanding guru lelaki.Item PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF PENDEKATAN NHT DAN TSOS DI KELAS X SMA NEGERI 12 PEKANBARU(2014-01-30) Zulhelmi; Nor, Muhammad; Azizahwati; Yusber, Rosi; Suryani, LiliThe aim of these research is to know the cognitive skill and social skill development of students in learning physic by applying copperative model with NHT approach and TSOS to kinematic of rectilinear motion subject in SMA Negeri 12 Pekanbaru academic year 2009/2010. The subject of this research is class X, and the Total of student are 36. The research instruments are cognitive test and observation sheet of social skill. The data collection techrniques are test and observation descriptive analysis of average student learning outcornes 74.6 % in both categories. Inferential analysis results show that theproposed research hypothesis can be accepted at the significant level of confidence of 95% . The data analyzed descriptively which include 5 indicators: doing task (91,67%), high categories, support participant (75%) high categories, took the turn and share the task (76,56%) high categories, listening actively (86,72%) high categories and asking question (59,38%) medium categories. So that, the application of cooperative model with NHT approach and TSOS could exercised skill and social skill development of student at SMA Negeri 12 Pekanbaru to Kinematic of rectilinier motionItem PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DAYA HANTAR LISTRIK DAN REAKSI REDOKS DI KELAS X.1 MAN 2 MODEL PEKANBARU(2014-02-06) Rery, Usman; Adrina, FitriThe background of this classroom action research is the learning result of chemical subject in class X.1 which is not contrast with their activities. The students were active enough gave any question in the teaching and learning process but the learning result is not satisfied. It is because there were only several students who did it themselves but many students were cheating to do their excercises in the class. And the other students just wrote the results without understanding the items so that what they have done loosing at the moment. The aims of this classroom action research are to increase their activeness and mastery learning with the implementation of Cooperative Learning NHT and TGT. The research has done 2 cycles. Activeness and mastery learning were obtained in cycle I and cycle II : The students activeness increase from 64,14% (enough) to 72,14% (good) and the mastery learning is not increase from 100% to 80,65%. Although mastery learning of cycle II decrease but this classroom action research has succeed to improve the teaching and learning process of MAN 2 MODEL Pekanbaru in class X.1 become better than before. This research conclusion are the implementation of the cooperative learning NHT and TGT make students more active in the teaching and learning process, be enjoyable and they are not bored to study.Item PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP N 21 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2009/2010(2014-02-22) Natalina, Mariani; Yusuf, Yustini; MaifitriThe purpose of the research is for increasing motivation and learning outcomes of biological science in VII class at SMP N 21 Pekanbaru, through using substance teachbase on CTL.The kind of this research is research of class action (ptk). Research was held on may until iune 2010.Subject of this research is the students of VII4 clss with 41 student, (22 men and 19 women), with parameter motivation and learning outcome. instrument is questioner and test. The average score of science biology student learning motivation prior to the use of CTL based instructional materials2.4(Iow), whereas after the use of CTL based teaching materials obtained an average score of 3.09 (high). Researchoutcome howed that learning completeness of students on first cycle is equal 82.9% with average70.43 increase on second cycle become 100% with average is equal 81.03 based on this research, we can conclude about using substance teach base on CTL can increase motivation and learning outcome of biological science in VII4 class at SMP N 21 pekanbaru scholl year 2009/2010Item IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PROGRAM ADIWIYATA PADA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA(2014-02-26) YustinaThis research purpose to evaluated copetence teacher’s sains junio high school on implementation development curricula based of life environmental on ADIWIYATA program in pelalawan and pekanbaru city –riau province. This research has been held may and oktober 2010 in pelalawan and pekanbaru. Research this sample are 120 teacher’s sains of junior high school, the evaluated from 6 item on development curricula. Data was collected by quationer, data has been analyzed by descriptive. The reasult of this research have development curricula about min score 6.41 (pelalawan) and 6.95 (pekanbaru) with medium catagories. The evaluated lowest as from six item is implomentation development extra-curicula school have a product and action releated or faktual environmental learning. Teacher sains on implementation developmen curricula based of life environmental have from biology education academic was higher competence and fisica education academic was lowest competence if the compared from 4 another academic. Conclution of this research was competence teacher sains in junior high school have very lowest as to implementation development extra-curiculer school have to product and action releated or factual, and teacher sains different academic have different competence on development curricula based of life environmental, that is teacher challenger to succesfuly adiwijaya program.Item PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONNIKA DASAR PADA KELAS X JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMKN 1 GUNUNG SAHILAN(2014-03-10) Rahmad, Muhammad; Riska, Anna; SukayaRendahnya hasil belajar siswa kelas X SMKN 1 Gunung Sahilan pada mala pelajaran eleklronika dasar, disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain strategi belajar yang kurang sesuai, pembelajaran yang didominasi oleh guru, dan interaksi belajar siswa dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ko g n itif siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Elektronika Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel 2 kelas dari populasi yang ada di kelas X TKJ SMKN 1 Gunung Sahilan. Variabel yang diteliti adalah hasil belajar kognitif siswa pada pokok bahasan Mengenal komponcn Elektronika p a s i f berupa tes objektif yang diberikan setelah siswa diberi perlakukan berupa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (Kelas Eksperimen) dan pembelajaran konvensional (Kelas kontrol). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan pcngolahan data yang telah dilakukan yaitu uji hipotesis, dapat dikatakan diterima pada taraf nyata 2% ( terdapat pengaruh yang signifikan) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Elektronika Dasar. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol. yaitu siswa yang belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw memiliki nilai rata-rata = 74,30 sedangkan siswa yang belajar dengan metode konvensional memiliki nilai rata-rata 68,20Item PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN LEARNING CYCLE 5E PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 2 KUANTAN MUDIK(2014-04-04) Syofni; Sakur; Astri, DelfaTelah dilakukan sebuah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Kuantan Mudik, yang bertujuan untuk meningkatkan hasi belajar matematika siswa, dengan menerapkan pembelajaran Learning Cycle 5E ( LC 5E). Pembelajaran Learning Cycle 5E ini didasari oleh teori belajar konstruktivis. Menurut teori konstruktivisme seseorang harus membangun sendiri pengetahuannya. Pengetahuan tidak dapat ditransfer begitu saja dari seseorang kepada orang lain tetapi harus diinterpretasikan sendiri oleh masing-masing orang (Baharudin dan Nur, 2007). Pembelajaran Learning Cycle mengikuti lima tahap, yaitu;1.Engagement (Pembangkitan Minat) 2.Exploration ( Eksplorasi) 3.Explanation (Penjelasan) 4.Elaboration (Elaborasi) 5.Evaluation (Evaluasi). Peneitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan urutan kegiatan, refleksi awal, perencanaan tindakan, pelaksaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Diakhir setiap siklus dilakukan ulangan harian, yang berguna untuk mencermati perkebangan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Analisis data hasil observasi menunjukkan perkembangan keaktifan/ keikutsertaan siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan menunjukkan gejala yang lebih baik. Begitu juga analisis data hasil ulangan/ skor hasil belajar menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM (65), dari 9 orang (47,37% pada skor dasar atau sebelum tindakan menjadi 13 orang (68,42%) setelah siklus 1 dan 14 orang ( 73,68%) di akhir siklus 2Item ANALISA TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN di UNIVERSITAS RIAU(2014-04-08) Suarman; Aziz, Zahara; Yasin, Ruhizan MuhammadPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Riau sebagai pedoman dalam peningkatan mutu perguruan tinggi. Penelitian survey dilakukan terhadap 387 mahasiswa Universitas Riau dari semua fakultas. Hasil penelitian secara umum mahasiswa Universitas Riau memiliki kepuasan yang tinggi terhadap 6 aspek yaitu 1) fasilitas pendidikan, 2) proses pembelajaran dalam kelas, 3) Fasilitas ekstrakurikuler, 4) pelayanan staf akademik, 5) kurikulum perguruan tinggi dan 6) pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran. Berdasarkan jenis kelamin terdapat perbedaan signifikan kepuasan mahasiswa Universitas Riau tentang pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen. Terdapat perbedaan signifikan kepuasan mahasiwa Universitas Riau tentang kurikulum, mahasiswa laki-laki memiliki kepuasan lebih rendah berbanding mahasiswa perempuan. Selanjutnya berdasarkan bidang sosial sains dan natural sains terdapat perbedaan signifikan kepuasan mahasiswa tentang fasilitas pengajaran dan pembelajaran, mahasiswa sosial sains memiliki kepuasan lebih tinggi berbanding mahasiswa natural sainsItem KETERAMPILAN PROSES DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MAN 2 MODEL PEKANBARU TAHUN AJARAN 2010/2011(2014-04-12) Syafii, Wan; Yasin, Ruhizan Mohammad; Yusuf, Yustini; Fitria, ApniTelah dilakukan penelitian yang bersifat eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal keterampilan proses, penguasaan konsep dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran biologi di kelas XIIPA MAN 2Model Pekanbaru Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan dimulai dari bulan Oktober sampai Desember 2010. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 18 orang perempuan dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Variabel dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL) sebagai variabel bebas dan keterampilan proses dan penguasaan konsep siswa sebagai variabel terikat. Keterampilan proses siswa dengan indikator keterampilan observasi, klasifikasi, komunikasi, inferensi dan aplikasi dan penguasaan konsep dengan test. Rata-rata persentase keterampilan proses siswa pada kelas eksperimen yaitu 93,96% lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan proses siswa pada kelas kontrol yaitu 34,21%. Penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen yaitu 82,05% sedangkan pada kelas kontrol yaitu 77,98%. Hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 88,02 dan kelas kontrol 56,12 yang berbeda secara signifikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal keterampilan proses, penguasaan konsep dan hasil belajar.Item PENGGUNAAN TUMBUHAN SEBAGAI MEDIA OBJEK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEMATIKATUMBUHAN TINGGI(2014-04-12) Nursal; Syafii, WanClassroomAction Research has been done to improve activities and results of student learning in Higher Plant Systematic Teaching through the use of plants life materials as a medium for direct objects in Biology Program, Faculty of Educational Studies University of Riau odd semester 2010-2011. The research was conducted in February until July 2010 on 48 students. The study consisted of two cycles of learning that includes 4 meetings. The parameters were observed consisting of learning activities and results of student learning. Student learning activities cover three main aspects which consists of 10 components of the observation, while the results of student learning is observed posttest values, exam subjects (formative test) and value Semester Final Examination (summative test). The results showed that the use of plants as a medium for direct object at the lecture Systematic of Higher Plants can increase the activity and results of student learning. The mean of the learning activities of students on the first cycle is 3.24 in the second cycle increased to 3.56 and at the end of the semester become 3.40 (good category). The mean results of student learning in the first cycle was 70.6 in the second cycle increased to 72.6 and at a Semester Final Exam become 76.6Item PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOMPERATIF PENDEKATAN NHT DAN TSOS DI KELAS X SMA NEGERI 12 PEKANBARU(2014-04-14) Zulhelmi; Noer, Muhammad; Yusber, Rosi; Suryani, LiliThe aim of these research is to know the cognitive skill and social skill development of students in learning physic by applying copperative model with NHT approach and TSOS to kinematic of rectilinear motion subject in SMA Negeri 12 Pekanbaru academic year 2009/2010. The subject of this research is class X4 and the total of the students are 36. The research instruments are cognitive test and observation sheet of social skill. The data collection techniques are test and observation. descriptive analysis of average student learning outcomes 74.6% in both categories, inferential analysis results show that the proposed research hypothesis can be accepted at the signficant level of confidence of 95%. The data analyzed descriptively which included 5 indicators: doing task (91,67%) high categories, support participation (75%) high categories, took the turn and share the task (76,56%) high categories, listening actively (86,72%) high categories and asking question (59,38%) medium categories. So that, the application of cooperative model with NHT approach and TSOS could exercised the cognitive skill and social skilldevelopment of stdents at SMA Negeri 12 Pekanbaru to kinematic of rectilinear motionItem PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN INKUIRI UNTUK PEMBELAJARAN KJMIA DI SMA(2014-05-20) Holiwarni, BettyPenelitian pegembangan ini, di latar belakangi karena tidak tersedianya perangkat pembelajaran kimia SMA untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga tahun dengan tujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan inkuiri yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran kimia di kelas XI SMA. Penelitian pada tahun pertama difokuskan untuk merancang prototipe perangkat pembelajaran yang valid. Metode penelitian yang digunakan adalah development research yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan pendesiminasian. Prototipe perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh dua orang guru kimia SMA dan satu orang dosen pendidikan kimia, dan terakhir didiskusikan dengan pakar pendidikan dan pengembangan perangkat pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstrukItem PERSEPSI PIMPINAN TERHADAP KINERJA TAMATAN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN INSTITUSI PENDIDIKAN KOTA PEKANBARU(2014-06-26) Achmad, Said Suhil; Indarto, Wusono; ZulkifliPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja tamatan Program Studi Administrasi Pendidikan pada institusi Pendidikan yang ada di Kota Pekanbaru; Untuk mengetahui kompetensi keilmuan yang yang relevan untuk tamatan Program Studi Administrasi Pendidikan dengan tugas-tugas yang mereka lakukan; dan untuk mengetahui tanggapan pimpinan terhadap kinerja mereka? Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu penelitian denhan variabel mandiri (tunggal) yang tidak menghubungkan dengan variavel yang lain dan tidak menguji suatu hipotesis, tetapi hanya menjawab tujuan penelitian yang diajukan. Populasilasi dari penelitian ini adalah tamatan Program Studi Administrasi Pendidikan pada institusi Pendidikan yang ada di Kota Pekanbaru yang berjumah 50 orang. Sampel diambil dengan tingkat kepercayaan 5%, yaitu 44 orang. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah memeriksa instrument yang telah terkumpul, untuk menentukan mana data yang dapat diolah dan mana data yang tidak dapat diolah; membuat tabel persiapan untuk distribusi data; menghitung frekwensi dari setiap alternatif jawaban yang diberikan responden; menghitung presentase masing-masing jawaban dan terakhir mencari modus dengan alasan data tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kinerja tamatan Program Studi Administrasi Pendidikan pada institusi Pendidikan yang ada di Kota Pekanbaru tergolong kurang baik, artinya kompetensi yang diwariskan oleh program studi masih belum sesuai dengan kinerja yang diharapkan; kompetensi keilmuan masih kurang relevan dengan tugas-tugas yang mereka kerjakan di lapangan, artinya kompetensi yang diwariskan perlu pengembangan lebih lanjut; Tanggapan pimpinan terhadap kinerja tamatan Program Studi Administrasi Pendidikan tergolong positif, karena penilaian mereka dilakukan hanya untuk penelitian ini. Dengan demikian perlu pengembangan kurikulum secara menyeluruh, karena relevansinya dengan tugas masih jauh; Perlu ditingkatkan kompetensi lulusan secara maksimal agar sesuai dengan tuntutan lapangan kerja; dan perlu penelitian lebih lanjut tentang kinerja yang sebenarnya dari alumni yang bersangkutanItem EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (GAMBAR) DALAM MELATIH DAYA INGAT ANAK USIA 5 -6 TAHUN DI TK LABOR FKIP UNIVERSITAS RIAU(2014-06-26) Risma, Devi; Hukmi; Kurnia, RitaPenelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menjelaskan bagaimana efektifitas media visual (gambar) untuk meningkatkan daya ingat anak. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah media visual dapat meningkatkan daya ingat anak usia 5-6 tahun di TK Labor FKIP Universitas Riau. Rancangan penelitian ini adalahThe Pre Test- Post Test Design, yang melibatkan 10 orang anak. Eksperimen dilakukan dengan memberikan media visual berupa gambar dengan tema bencana alam untuk meningkatkan daya ingat anak. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis uji beda (t-test) menggunakan seri program statistik SPSS 17 for windows untuk mengetahui efektivitas dari media visual terhadap daya ingat anak. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil uji-t sebesar -18,419 (p=0,000) dan peningkatan daya ingat dari sebelum eksperimen dan setelah eksperimen sebesar 68 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media visual efektif untuk meningkatkan daya ingat anak usia 5-6 tahun di TK Labor FKIP Universitas Riau.Item KRANGKA KERJA PEMBANGUNAN KEMAHIRAN METAKOGNITIF DALAM BILIK DARJAH(2014-06-26) Rahman, SaemahKemahiran metakognitif memainkan peranan yang penting dalam proses pembelajaran pelajar. Dapatan kajian lepas mencadangkan bahawa pelajar yang mempunyai kemahiran metakognitif yang tinggi akan dapat mengurus, mengawal dan bertanggungjawab ke atas proses pembelajarannya sendiri. Ciri ini penting untuk membangunkan pelajar terutamanya dalam pembentukan karekter pelajar dalam persekitaran pembelajaran yang semakin mencabar sekarang. Kertas ini membincangkan satu kerangka kerja yang mencadangkan bagaimana kemahiran metakognitif pelajar dapat dibangunkan dalam bilik darjah. Kerangka kerja ini akan menjelaskan bagaimana tiga elemen penting dalam strategi pengajaran yang telah dikenal pasti iaitu meta-tumpuan, meta-pemahaman dan refleksi metakognitif dapat disebatikan dalam pengajaran untuk membangunkan kemahiran metakognitif pelajar.Item MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN INTERAKTIF ANIMASI DAN VISUALISASI GERAK DAN ANALISIS VEKTOR DI SMA NEGERI PEKANBARU(2014-06-26) Nasir, MuhammadThis study aims to determine the motivation and interest in learning physics students using interactive programming and vizulutation motion animation and vector analysis on high school students in grade XI Pekanbaru. The study was a quasi experiment using a control class and experimental class, the class is given experimental treatments consisted of media programming learning using interactive visualization and animation and motion vector analysis and control classes are given lessons in the normal way. Instruments used to collect data is motivation and interest questionnaire consists of indicators Caution (Attention), Relevance (relevance), self-esteem (confidence) and satisfaction (Satisfaction). Data on students’ motivation and interest were analyzed through descriptive analysis and inferential analysis. The results of research that shows there are significant differences of motivation and interest in learning physics students by using interactive media programming and animation and visualization of motion vector analysis. Analysis Of Variance By Using SPSS showed that F value 3.857 to 0.011 significantly means that there are significant differences between class motivation and motivation control and experimental class are reinforced with Homogeneity test results that indicate there are differences in motivation on the experimental class and control class.Item AN ANALYSIS OF DIFFICULTIES FACING INDONESIAN LEARNERS IN ACQUIRING ENGLISH SPOKEN COMPETENCE(2014-06-26) DahnilsyahThis paper is an attempt to discuss obstacles and constraints encountering EFL learners in Indonesia in their endeavour gaining English spoken competence. It reveals that acquiring oral communication skill in English which serve as a foreing language is a long and complex undertaking. Majority of Indonesian learners still experience troubles due to psychological and social factors. The former refers to the issues related to the learners themselves who need a lot of struggle to develop both their motivation and self confidence. The former is concerned with the surroundig atmosphere and people that often hamper learners to achieve competence in spoken English. Both psychological and social problems should receive much attention from the stake holders who get involved in the enhancement quality program of English instruction. Suggestions and solutions are therefore have been put forward and need considerable efforts and persistence to put them in to practice.Item THE EFFECT OF USING BRUNER’S COGNITIVE THEORY AND PREVIOUS KNOWLEGDE TOWARD THE SECOND YEAR STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT IN BIOLOGY AT SMA NEGERI 5 PEKANBARU(2014-06-26) Wati, AsnitaBased on the observation which was done by the researcher at SMA Negeri 5 Pekanbaru, it was found that students’ learning achievement in biology was not satisfied yet. Methods and learning models which were used before did not help much in improving students’ leraning achievement in biology. Therefore, the researcher tried to solve this problem by applying Bruner’s cognitive theory in teaching and learning process. This research was aimed to reveal whether the use Of Bruner’s cognitive theory could improve students’ leraning achievement better than the use Of conventional method and to see whether there was any interaction between Bruner’s cognitive theory and students’ previous knowledge. The population of this research was the second year students in natural science classes at SMA Negeri 5 Pekanbaru. There were 6 classes. Then by using purposive random sampling, the researcher chose class XI IPA 6 (second year students in natural science class group 6) as experimental class and class XI IPA 1 (second year students in natural science class group 1) as control class. This was quasi experimental research. The data was collected by administering an objective test to both experimental and control class, and then the data was analyzed by using ANAVA. The result of the research showed that, (1) learning achievement of the students who were taught by using Bruner’s cognitive theory was higher than those who were taught by using conventional method, (2) learning achievement of the students who had high previous knowledge and were taught by using Bruner’s cognitive theory was higher than those who also had high previous knowledge but were taught by using conventional method, and (3) there was no interaction between the use of Bruner’s cognitive theory and students’ previous knowledge toward students’ learning achievement in biology
- «
- 1 (current)
- 2
- 3
- »