DSpace Repository

Analisis Kepraktisan dan Efektivitas Buku Kerja Kalkulus Berbasis Penemuan Terbimbing sebagai Produk Pengembangan Ditinjau dari Proses Keterpakaian, Kegiatan Belajar dan Teori

Show simple item record

dc.contributor.author Zulfaneti, Zulfaneti
dc.contributor.author Febriana, Rina
dc.contributor.author Fauzan, Ahmad
dc.contributor.author Armiati, Armiati
dc.date.accessioned 2018-02-21T01:10:40Z
dc.date.available 2018-02-21T01:10:40Z
dc.date.issued 2018-02-21
dc.identifier.isbn 978-979-792-552-9
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9230
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan. Hasil sebelumnya menyimpulkan bahwa prototipe buku kerja sudah sangat valid meskipun masih ada beberapa revisi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan praktikalitas dan efektifitas buku kerja yang telah dikembangkan pada uji coba lapangan. Uji coba pertama dilakukan dengan teknik one to one, uji coba kedua dilakukan pada small group mahasiswa dan uji coba ketiga dilakukan pada kelompok mahasiswa yang sedang melaksanakan perkuliahan Kalkulus. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, dan lembar observasi, yang dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil uji coba one to one terhadap 6 mahasiswa pengguna hanya ada 2 yang mampu menangkap maksud dari setiap uraian kegiatan dan mampu menuliskan setiap kegiatan pada Buku Kerja, ada 2 yang menangkap maksud namun memerlukan bimbingan, dan 2 yang mampu mengisi namun tidak termotivasi untuk membaca secara detail sehingga isian kegiatan banyak yang salah. Hasil ini djadikan landasan untuk merevisi. Hasil uji lapangan berikutnya pada 24 mahasiswa, juga ditemukan tidak semua mahasiswa yang termotivasi dan mampu melakukan aktivitas belajar, Meskipun demikian, sebagian besar mahasiswa mengalami perubahan hasil belajar yang signifikan, dan sudah banyak yang mampu mengikuti setiap uraian dan petunjuk pengerjaan. Secara teori, dapat disimpulkan bahwa buku kerja yang dikembangkan sudah dengan prinsip penemuan terbimbing. yaitu melalui (1) perumuskan masalah berdasarkan data secukupnya, (2) menyusun, memproses, mengorganisir, dan manganalisis data tersebut, (3) menyusun konjektur, (4) pemeriksaan konjektur, dan (5) kepastian kebenaran penemuan. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2018-02-21T01:10:40Z No. of bitstreams: 1 38 Febriana-OK.pdf: 3545871 bytes, checksum: c113fc470a8e1a2dc1cfc399b32e1413 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2018-02-21T01:10:40Z (GMT). No. of bitstreams: 1 38 Febriana-OK.pdf: 3545871 bytes, checksum: c113fc470a8e1a2dc1cfc399b32e1413 (MD5) Previous issue date: 2018-02-21 en
dc.description.sponsorship Prosiding Seminar Nasional dan Kongres IndoMS Wilayah Sumatera Bagian Tengah FMIPA Universitas Riau, 14-15 Nopember 2014 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject Buku kerja en_US
dc.subject penemuan terbimbing en_US
dc.subject praktikalitas en_US
dc.title Analisis Kepraktisan dan Efektivitas Buku Kerja Kalkulus Berbasis Penemuan Terbimbing sebagai Produk Pengembangan Ditinjau dari Proses Keterpakaian, Kegiatan Belajar dan Teori en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account