Pencarian Lintasan Tercepat Fuzzy Menggunakan Metode Tsukamoto dan Algoritma Dijkstra
No Thumbnail Available
Date
2018-02-19
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Dalam teori graf, pencarian lintasan tercepat yang hanya mempertimbangkan satu parameter dapat dilakukan dengan menggunakan algoritma Dijkstra, algoritma Bellman-Ford atau algoritma Floyd-Warshall, karena bobotnya berupa bilangan riil. Namun apabila kita harus memperhatikan beberapa parameter, maka bobotnya dapat dipandang sebagai bilangan fuzzy. Pada penelitian ini akan dibahas bagaimana proses pencarian lintasan tercepat pada suatu graf yang berbobot fuzzy menggunakan metode Tsukamoto dan algoritma Dijkstra. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa lintasan tercepat fuzzy dapat ditentukan dengan suatu algoritma yang merupakan hasil modifikasi dari algoritma Dijkstra, yaitu dengan memasukkan metode Tsukamoto ke dalam algoritma tersebut.
Description
Keywords
lintasan tercepat fuzzy, algoritma Dijkstra, metode Tsukamoto, metode Tsukamoto