Kapal Fibreglass Sebagai Alternatif Pengganti Kapal Kayu 3 Gross Tonnage (GT)
No Thumbnail Available
Date
2015-12-17
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Di Propinsi Riau terjadi penurunan jumlah armada kapa/ kayu berukuran 3 GT Permasalahan ini
disebabkan industri kapal kesulitan memperoleh bahan baku kayu untuk pembuatan dan perbaikan
kapal. Kesulitan dalam memperoleh bahan baku mengakibatkan banyak ditemukan kapal tidak
bisa beroperasi karena bagian konstruksi mengalami kerusakan, dan tidak dapat digunakan.
Pemerintah telah memberikan kapal bantuan berbahan fiberglass, namun kapal bantuan ini
menimbulkan permasa/ahan. Masyarakat menganggap spesifikasi dan karakteristik kapal bantuan
tersebut tidak sesuai dengan kebiasaan masyarakat dan lingkungan perairan setempat. Kondisi ini
terbukti, armada tersebut hanya sebagian kecil yang masih dapat dioperasikan.Karena alasan
tersebut di atas, di/akukan perencanaan kapal fiberglass 3 GT yang disesuaikan terhadap kondisi
perairan, fungsi dan keinginan masyarakat tanpa merubah karakteristik kapal yang biasa
digunakan oleh masyarakat. Perencanaan kapal fiberglass 3 GT diharapkan menjadi solusi yang
bijaksana dalam peningkatan stebiliies perekonomian masyarakat perairan dan kepulauan.
Terdapat tiga kriteria pertimbangan dalam menentukan kapal fibreglass sebagai kapal alternatif
pengganti kapal kayu 3 GT, yaitu kondisi perairan, teknik dan ekonomis. Kriteria tersebut
dikembarigkan menjadi beberapa subkriteria. Data kriteria kapal diperoleh melalui studi literatur,
survey ke lapangan dan wawancara terhadap responden. Daerah tujuan survey sebanyak enam
kabupaten di Propinsi Riau. Untuk analisa pemilihan kriteria yang dominan pada perencanaan
kapal fibreglass 3GT digunakan AHP (Analysic Hierarchy Process). Sesuai hasil analisa AHP
diperoleh lima kriteria kapal dominan untuk acuan dalam perencanaan adalah kecepatan arus,
topografi, kedalaman, lambung timbul dan draft (sarat). Sedangkan hasil pengukuran kapal kayu
pada enam kabupaten di propinsi Riau digunakan sebagai acuan ukuran utama kapal fibreglass
Description
Keywords
kapal alternatif, AHP, kriteria dominan, kapal fiberglass 3 GT