Perbaikan Proses Pembelajaran Mata Kuliah Mekanika Klasik Di Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau

No Thumbnail Available

Date

2015-02-28

Authors

Defrianto

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

Abstract

Telah dilakukan perbaikan proses pembelajaran mata kuliah mekanika klasik II di jurusan Fisika FMIPA UNRI dengan menggunakan metode pengajaran fisika secara interaktif dan visualisasi komputer. Dengan metode ini mahasiswa dapat melihat visualisasi bagaimana suatu fenomena fisika berubah di dalam ruang dan waktu, dan mereka juga dapat secara interaktif mengubah parameter dari peristiwa fisika tersebut, sehingga akan memotivasi mereka untuk lebih memahami lebih jauh materi yang diberikan. Evaluasi akhir dari proses perbaikan pembelajaran mekanika klasik ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa relatif terhadap nilai rata-rata pada tahun ajaran sebelumnya (1998/1999). Pengujian untuk membuktikan signifikansi kenaikannya dilakukan dengan uji t pada tingkat keyakinan 0,95.

Description

Keywords

MEKANIKA KLASIK

Citation