Pengembangan Gizi Dan Pangan Secara Holistik Dalam Mewujudkan Anak Usia Dini Yang Berkualitas

No Thumbnail Available

Date

2015-01-21

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

Abstract

Kualitas SDM Indonesia saat ini sering mendapat sorotan mengingat peringkat kualitas SDM Indonesia relatif rendah. Menurut laporan UNDP tahun 2007/2008, berdasarkan Human Development Index (HDI) Indonesia berada pada rangking ke 107 dari 173 negara, jauh dibawah malaysia (rangking ke 59) dan merupakan rangking terendah di ASEAN bahkan peringkat Indonesia berada dibawah Vietnam. Indeks Kualitas Manusianya (HDI) sama dengan Senegal dan Pantai Gading, dua negara yang selama ini jarang disebut namanya. Rendahnya kualitas SDM ini juga diikuti dengan rendahnya kualitas pendidikan. Berdasarkan hasil studi "kemampuan membaca"siswa SD yang dilaksanakan oleh International Educational Achievement (lEA) diketahui bahwa siswa SD di Indonesia berada diurutan ke 38 dari 39 negara. Hasil penelitian The Third International Mathetmatics and Science Study Repeat tahun 1999 menunjukan kemampuan siswa kita di bidang IPA berada diurutan ke 32 dari 38 negara yang diteliti dan di bidang matematika berada di urutan ke 34 dari 38 negara yang diteliti. Selain itu secara umum dari sisi kinerja, etika dan moral, Indonesia sering juga mendapat imej negatif. Masalah-masalah kualitas SDM yang sedang kita hadapi saat ini sesungguhnya berhubungan dengan sejauhmana kepedulian kita terhadap gizi masa janin dan usia dini. Kualitas gizi pada masa janin dan usia dini ternyata tidak saja mempunyai dampak jangka pendek tapi lebih dari itu berdampak jangka panjang (ACC/SCN 2000). Bagaimana kualitas gizi mereka hari ini akan menentukan kualitas bangsa dimasa depan. Gizi dan Pangan merupakan determinan penting terhadap kualitas sumber daya manusia seperti sebuah ungkapan yang menyatakan : 'Tell me what They Eat and I can Tell You What They are". Gizi dan Pangan adalah bahan dasar pembentuk sel otak, organ penting dan seluruh komponen tubuh.

Description

Keywords

Citation

Collections