Penerapan Strategi Sqrqcq dalam Tatanan Kooperatif Struktural TSOS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII-IPS 1 SMAN 2 Benai

No Thumbnail Available

Date

2013-07-11

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang tercantum dalam KTSP yaitu kemampuan memahami masalah, merancang model matematika dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Kemampuan tersebut dapat dicapai dalam pembelajaran matematika melalui soal cerita. Kenyataan yang ditemui banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yang disebabkan siswa tidak bisa memecahkan secara sistematis dan tidak dapat menarik informasi penting dari soal cerita yang diberikan (Leu,Dj dan Kinzer,C.K, 1991). Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita secara individu yaitu dengan menerapkan strategi SQRQCQ dalam tatanan kooperatif struktural TSOS. Rumusa masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah penerapan strategi pembelajaran SQRQCQ dalam tatanan kooperatif struktural TSOS dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas XII 1PS-1 SMAN 2 Benai?. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS-1 beriumlah 32 orang. Kecimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan strategi SQRQCQ dalam tatanan kooperatif struktural TSOS dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII 1PS-1 SMAN 2 Benai.

Description

Keywords

soal cerita, strategi sqrcqcq, Koorperatif structural TSOS

Citation