Penerapan Strategi Sqrqcq dalam Tatanan Kooperatif Struktural TSOS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII-IPS 1 SMAN 2 Benai
No Thumbnail Available
Date
2013-07-11
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang tercantum dalam KTSP yaitu kemampuan
memahami masalah, merancang model matematika dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
Kemampuan tersebut dapat dicapai dalam pembelajaran matematika melalui soal cerita.
Kenyataan yang ditemui banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita
yang disebabkan siswa tidak bisa memecahkan secara sistematis dan tidak dapat menarik
informasi penting dari soal cerita yang diberikan (Leu,Dj dan Kinzer,C.K, 1991). Salah satu
alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal
cerita secara individu yaitu dengan menerapkan strategi SQRQCQ dalam tatanan kooperatif
struktural TSOS. Rumusa masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah penerapan strategi
pembelajaran SQRQCQ dalam tatanan kooperatif struktural TSOS dapat meningkatkan hasil
belajar matematika di kelas XII 1PS-1 SMAN 2 Benai?. Bentuk penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas kolaboratif Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS-1
beriumlah 32 orang. Kecimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan
strategi SQRQCQ dalam tatanan kooperatif struktural TSOS dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa kelas XII 1PS-1 SMAN 2 Benai.
Description
Keywords
soal cerita, strategi sqrcqcq, Koorperatif structural TSOS