DSpace Repository

Strategi Pembelajaran Sastra SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Syafrial
dc.date.accessioned 2013-05-14T01:47:45Z
dc.date.available 2013-05-14T01:47:45Z
dc.date.issued 2013-05-14
dc.identifier.isbn 979-3647-05-10
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/3348
dc.description.abstract Indonesia setidak-tidaknya sudah tujuh kali mengalami perubahan kurikulum, yaitu kurikulum 1962, 1968, 1975, 1984, 1994, KBK, dan KTSP (Depdiknas, 2008:3).Bahkan, masih muncul wacana ingin menyempurnakan kurikulum berkarakter. Kurikulum berkarakter adalah pembentukan karakter perserta didik ke arah yang positif dari segala aspek materi pembelajaran. Pembentukan karakter sebenarnya sudahdifokuskan pada tiga mata pelajaran yang masing-masing berfungsi membentuk karakter peserta didik sesuai dengan aspek keilmuannya. Mata pelajaran yang dibebankan untuk membentuk karakter itu adalah pendidikan agama, untuk membentuk karakter religius, pendidikan moral pancasila untuk pembentukan karakter kebangsaan dan pendidikan sastra untuk pembentukan karakter budaya. Pendidikan sastra dari zaman kelisanan sudah berperan penting membentuk karakteranak bangsa. Seperti karakter kepatuhan terhadap orang tua yang selalu dibentuk oleh cerita-cerita legenda anak durhaka atau pembentukan kejujurandan kepribadian mulia melalui cerita-cerita dan tema ketamakan. Begitu juga peranan puisi atau tunjuk ajar yang terdapat dalam budaya Indonesia. Kondisi pembelajaran sastra pada kurikulum SMP semakin memprihatinkan. Sastra tidak lagi mata pelajaran yang berdiri sendiri tapi perannya sebagai pelengkap pelajaran keterampilan berbahasa. Padahal, pembelajaran sastra tidak sama dengan pembelajaran bahasa. Pembelajaran sastra berbicara tentang kehidupan manusia secara menyeluruh sedangkan pembelajaran bahasa cenderung penekanannya kepada keterampilan. Kondisi pembelajaran sastra semakin hilang dalam kurikulum pembelajaran di sekolah.Hal ini berarti mata pelajaran yang membentuk karakter budaya sudah tidak ada lagi. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2013-05-14T01:47:45Z No. of bitstreams: 1 Strategi Pembelajaran Sastra SMP.pdf: 134419 bytes, checksum: e9d770d8d71c2dd027d2b5e81dfec6e0 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2013-05-14T01:47:45Z (GMT). No. of bitstreams: 1 Strategi Pembelajaran Sastra SMP.pdf: 134419 bytes, checksum: e9d770d8d71c2dd027d2b5e81dfec6e0 (MD5) en
dc.language.iso en en_US
dc.subject strategi pembelajaran en_US
dc.subject sastra en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Sastra SMP en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account