Desain Dan Pengembangan Model Pendidikan Karakter Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya , Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan Pada Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau
No Thumbnail Available
Date
2013-04-17
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian pengembangan pembelajaran bertujuan untuk merancang dan
mengembangkan model pendidikan karakter pada MKB. Secara keseluran penelitian
ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) Disain dan pengembangan model pendidikan
karakter pada MKB; (2) validasi dan uji coba; (3) implementasi dan evaluasi.
Penelitian pada tahun 2012 difokuskan pada inventarisasi nilai karakter pada kelompok
MKB (6 matakuliah). Dilaksanakan pada bulan April sampai September tahun 2012
Data sekunder berupa dokumen Silabus, SAP M K B dianalisis menggunakan format
penilaian, dan data primer dari jawaban angket, observasi dan wawancara dianalisis
secara deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dokumen silabus, dan
SAP seluruh dosen pengampu MKB belum mencantumkan nilai karakter.
Berdasarican hasil observasi pada beberapa matakuliah dalam kegiatan pembelajaran
dan tugas-tugas yang diberikan terdapat pemupukan nilai-nilai dan karakter,terutama
religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Penelitian pada tahun 1 ini telah dihasilkan
prototype Silabus, SAP dan Lembar Kerja Mahasiswa matakuliah Dasar-dasar
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (DDIPA). Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa pengembangan karakter pada setiap mata kuliah dapat
diintegrasikan pada perencanaan pembelajaran dan diaktualisasikan pada kegiatan
pembelajaran.
Description
Keywords
Desain, Matakuliah Keahlian Berkarya, Model Pendidikan karakter