Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Pengembangan Karakter Kelas Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
No Thumbnail Available
Date
2013-04-17
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendidikan karakter bisa
diterapkan pada model pembelajaran Drill berbasis komputer pada mata kuliah tekhnik
pengoiahan data. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan 41
orang mahasiswa pada kelas pendidikan akuntansi sub program studi pendidikan ekonomi.
Dalam hal ini siklus penelitian adalah sebanyak 2 (dua) sikius dengan terdiri dari masingmasing
2 (dua) kali pertemuan. Dari hasil penelitian dapat disimpuikan bahwa terdapat
ketuntasan belajar secara individual dan klasikal pada mata kuliah Tekhnik Pengoiahan Data
(TPD) Bisnis sudah berjalan baik. Di samping itu pula terdapat nilai-nilai karakter
pendidikan yang muncul seperti kejujuran, tanggung jawab, kepedulian, kerjasama, saling
menghormati, kepercayaan, apresiasi kebhinekaan serta semangat belajar dan bekerja. Nilainilai
karakter tersebut bisa dibina dengan memperhatikan kaidah-kaidah yang ada.
Description
Keywords
Model drill, Pendidikan Karakter