Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Pengembangan Karakter Kelas Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

No Thumbnail Available

Date

2013-04-17

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendidikan karakter bisa diterapkan pada model pembelajaran Drill berbasis komputer pada mata kuliah tekhnik pengoiahan data. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan 41 orang mahasiswa pada kelas pendidikan akuntansi sub program studi pendidikan ekonomi. Dalam hal ini siklus penelitian adalah sebanyak 2 (dua) sikius dengan terdiri dari masingmasing 2 (dua) kali pertemuan. Dari hasil penelitian dapat disimpuikan bahwa terdapat ketuntasan belajar secara individual dan klasikal pada mata kuliah Tekhnik Pengoiahan Data (TPD) Bisnis sudah berjalan baik. Di samping itu pula terdapat nilai-nilai karakter pendidikan yang muncul seperti kejujuran, tanggung jawab, kepedulian, kerjasama, saling menghormati, kepercayaan, apresiasi kebhinekaan serta semangat belajar dan bekerja. Nilainilai karakter tersebut bisa dibina dengan memperhatikan kaidah-kaidah yang ada.

Description

Keywords

Model drill, Pendidikan Karakter

Citation