Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Kuliah Fisika Kuantum
No Thumbnail Available
Date
2013-03-26
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil
belajar Fisika Kuantum Program Studi pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau
melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini
adalah mahasiswa semester V prodi Pendidikan Fisika Ta. 2012/2013 yang berjumlah
51 orang. Parameter penelitian ini adalah motivasi, aktivitas dan hasil belajar. Data
hasil belajar dikumpulkan melalui pemberian tes, motivasi melalui angket dan
aktivitas melalui lembar observasi. Data diolah dengan analisis deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dari siklus I dengan daya serap
rata-rata 51,29 yang berkategori cukup baik menjadi 73,49 dengan kategoei baik pada
siklus II. Diperoleh peningkatan motivasi sebesar 8.23%, di mana motivasi yang
diperoleh baik sebelum maupun sesudah berkategori tinggi. Peningkatan motivasi
dan hasil belajar didukung oleh suasana perkuliahan yang tercermin melalui aktivitas
yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa yang juga mengalami peningkatan yaitu
10,35% peningktan aktivitas dosen dan 12,34% untuk peningkatan aktivitas
mahasiswa.
Description
Keywords
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi dan Hasil Belajar