ANALISIS PENGELOLAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CRS) DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN PADA PT. CHEVRON PASIFIC INDONESIA
No Thumbnail Available
Date
2013-03-22
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSK) merupakan salah satu bentuk strategi PR yang
dapat digunakan untuk membentuk citra positif perusahaan dimata stakeholder, oleh karena itu
perusahaan dituntut untuk melakukan program CSR sesuai dengan Undang-Undang No. 40
tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana PT. CPI dalam mengelola
program CSR sehingga mampu membangun citra perusahaan. Metode peneJitian yang
digunakan adaiah Deskriptif Kuaiitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitiannya adaiah aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang
dilakukan PT CPI melalui kegiatan Commmity Development (CD) berupa program pendidikan,
kesehatan, pembangunan infrastuktur, maupun program Local Business Development (LBD)
yang ditujukan kepada masyarakat tidak bertujuan untuk memperoleh keuntungan, melainkan
mencari citra positif di mata masyarakat sekitar dan dunia. Sedangkan program Community
Relation (CR) yang memberikan bantuan dalam bentuk bantuan spontan, seremonial dan
kondisional bertujuan untuk membangun hubungan sosial yang harmonis dengan warga sebagai perwujudan dari hubungan kemasyarakat