dc.contributor.author |
Yustina |
|
dc.date.accessioned |
2013-02-25T05:13:34Z |
|
dc.date.available |
2013-02-25T05:13:34Z |
|
dc.date.issued |
2013-02-25 |
|
dc.identifier.other |
wahyu sari yeni |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2342 |
|
dc.description.abstract |
Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa melalui
pendekatan konstruktivisme pada mata kuliah praktikum llmu Pengetahuan Lingkungan (IPL). Penelitian
ini dilaksanakan dari bulan Maret - Juni 2008, sabjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II
dengan jumlah mahasiswa sebanyak 48 orang (42 perempuan dan 6 laki-laki) di Program Studi
Pendidikan Biologi FKIP UNRI semester genap T.A 2007/2008. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua
siklus, dengan parameter yaitu keterampilan proses, daya serab dan ketuntasan belajar mahasiswa.
Hasil penelitian pada siklus pertama dan kedua dengan menggunakan pendekatan
konstrukstivisme dapat mengembangkan keterampilan proses mahasiswa pada siklus pertama
dan kedua yaitu keterampilan observasi (83,1% dan 89,5%)), memprediksi (82,6%) dan 83,8%)),
mengkoleksi data (85,0% dan 84,5%), komunikasi (83,5%) dan 78,5%), dan menarik kesimpulan
(83,2%o dan 79,3%), dengan masing-masingnya dikatagorikan baik. Pada siklus kesatu
keterampilan proses merancang (78,5%) dikategorikan cukup dan aplikasi (80%)) dikategorikan
baik, sedangkan pada siklus kedua, keterampilan proses merancang (74,9%)) dan aplikasi
(76,4%) masing-masing dikategorikan cukup. Kemampuan pemahaman konseptual (daya serab)
mahasiswa pada siklus pertama rerata tes tertulis sebesar 78,65 dengan persentase ketuntasan
keias sebesar 87 %, pada siklus kedua rerata tes tertulis sebesar 79,57 dengan persentase
ketuntasan sebesar 96 %, namun secara individual masih terdapat mahasiswa yang memperoleh
nilai < 65, Hal ini dapat diartikan bahwa ada keterkaitan yang sangat erat antara keterampilan
proses dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan kelas yang dicapai lebih
dari 80%. Maka disimpulkan bahwa melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan
hasil belajar pembelajaran praktikum llmu Pengetahuan Lingkungan pada mahasiswa program
studi pendidikan Biologi FKIP-UNRI |
en_US |
dc.description.provenance |
Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2013-02-25T05:13:34Z
No. of bitstreams: 10
cover1.PDF: 344085 bytes, checksum: 18c11c1178eca54ff964fdf9975d51a8 (MD5)
pengesahan1.PDF: 70266 bytes, checksum: 446640a9c6c921ef47c6f9deaa28247b (MD5)
abstrak1.PDF: 47589 bytes, checksum: 5f8a0e817a56a2ef70cca3de1e96bdb2 (MD5)
daftar isi1.PDF: 44037 bytes, checksum: eccaa194fa02b1aeca15661136d12143 (MD5)
bab 11.PDF: 162154 bytes, checksum: 9a07893b030552d102f1aa70e99892f0 (MD5)
bab 21.PDF: 463910 bytes, checksum: 52d6fb0da2b0b6953ee099f6153f4afb (MD5)
bab 31.PDF: 312125 bytes, checksum: bbb22fc7a9d05d4c9dcf0c9b9065d0e8 (MD5)
bab 41.PDF: 438258 bytes, checksum: f8207c9f657fa87cc4618cee928e3048 (MD5)
bab 51.PDF: 31621 bytes, checksum: da045767fe368847f55c6b0bac6e33bc (MD5)
pustaka1.PDF: 113493 bytes, checksum: 72b41fc0db3c5422e0f9b4b9bcff5774 (MD5) |
en |
dc.description.provenance |
Made available in DSpace on 2013-02-25T05:13:34Z (GMT). No. of bitstreams: 10
cover1.PDF: 344085 bytes, checksum: 18c11c1178eca54ff964fdf9975d51a8 (MD5)
pengesahan1.PDF: 70266 bytes, checksum: 446640a9c6c921ef47c6f9deaa28247b (MD5)
abstrak1.PDF: 47589 bytes, checksum: 5f8a0e817a56a2ef70cca3de1e96bdb2 (MD5)
daftar isi1.PDF: 44037 bytes, checksum: eccaa194fa02b1aeca15661136d12143 (MD5)
bab 11.PDF: 162154 bytes, checksum: 9a07893b030552d102f1aa70e99892f0 (MD5)
bab 21.PDF: 463910 bytes, checksum: 52d6fb0da2b0b6953ee099f6153f4afb (MD5)
bab 31.PDF: 312125 bytes, checksum: bbb22fc7a9d05d4c9dcf0c9b9065d0e8 (MD5)
bab 41.PDF: 438258 bytes, checksum: f8207c9f657fa87cc4618cee928e3048 (MD5)
bab 51.PDF: 31621 bytes, checksum: da045767fe368847f55c6b0bac6e33bc (MD5)
pustaka1.PDF: 113493 bytes, checksum: 72b41fc0db3c5422e0f9b4b9bcff5774 (MD5) |
en |
dc.language.iso |
en |
en_US |
dc.subject |
Pendekatan Konstruktivisme |
en_US |
dc.subject |
Keterampilan proses |
en_US |
dc.subject |
hasil belajar |
en_US |
dc.subject |
IPL |
en_US |
dc.title |
Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Lingkungan Dengan Pendekatan Kontruktivisme Pada Mahasiswa Program Studi Biologi FKIP UNRI Tahun 2007-2008 |
en_US |
dc.type |
UR e-Research |
en_US |