DSpace Repository

Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Lingkungan Dengan Pendekatan Kontruktivisme Pada Mahasiswa Program Studi Biologi FKIP UNRI Tahun 2007-2008

Show simple item record

dc.contributor.author Yustina
dc.date.accessioned 2013-02-25T05:13:34Z
dc.date.available 2013-02-25T05:13:34Z
dc.date.issued 2013-02-25
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2342
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa melalui pendekatan konstruktivisme pada mata kuliah praktikum llmu Pengetahuan Lingkungan (IPL). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret - Juni 2008, sabjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II dengan jumlah mahasiswa sebanyak 48 orang (42 perempuan dan 6 laki-laki) di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI semester genap T.A 2007/2008. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan parameter yaitu keterampilan proses, daya serab dan ketuntasan belajar mahasiswa. Hasil penelitian pada siklus pertama dan kedua dengan menggunakan pendekatan konstrukstivisme dapat mengembangkan keterampilan proses mahasiswa pada siklus pertama dan kedua yaitu keterampilan observasi (83,1% dan 89,5%)), memprediksi (82,6%) dan 83,8%)), mengkoleksi data (85,0% dan 84,5%), komunikasi (83,5%) dan 78,5%), dan menarik kesimpulan (83,2%o dan 79,3%), dengan masing-masingnya dikatagorikan baik. Pada siklus kesatu keterampilan proses merancang (78,5%) dikategorikan cukup dan aplikasi (80%)) dikategorikan baik, sedangkan pada siklus kedua, keterampilan proses merancang (74,9%)) dan aplikasi (76,4%) masing-masing dikategorikan cukup. Kemampuan pemahaman konseptual (daya serab) mahasiswa pada siklus pertama rerata tes tertulis sebesar 78,65 dengan persentase ketuntasan keias sebesar 87 %, pada siklus kedua rerata tes tertulis sebesar 79,57 dengan persentase ketuntasan sebesar 96 %, namun secara individual masih terdapat mahasiswa yang memperoleh nilai < 65, Hal ini dapat diartikan bahwa ada keterkaitan yang sangat erat antara keterampilan proses dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan kelas yang dicapai lebih dari 80%. Maka disimpulkan bahwa melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran praktikum llmu Pengetahuan Lingkungan pada mahasiswa program studi pendidikan Biologi FKIP-UNRI en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2013-02-25T05:13:34Z No. of bitstreams: 10 cover1.PDF: 344085 bytes, checksum: 18c11c1178eca54ff964fdf9975d51a8 (MD5) pengesahan1.PDF: 70266 bytes, checksum: 446640a9c6c921ef47c6f9deaa28247b (MD5) abstrak1.PDF: 47589 bytes, checksum: 5f8a0e817a56a2ef70cca3de1e96bdb2 (MD5) daftar isi1.PDF: 44037 bytes, checksum: eccaa194fa02b1aeca15661136d12143 (MD5) bab 11.PDF: 162154 bytes, checksum: 9a07893b030552d102f1aa70e99892f0 (MD5) bab 21.PDF: 463910 bytes, checksum: 52d6fb0da2b0b6953ee099f6153f4afb (MD5) bab 31.PDF: 312125 bytes, checksum: bbb22fc7a9d05d4c9dcf0c9b9065d0e8 (MD5) bab 41.PDF: 438258 bytes, checksum: f8207c9f657fa87cc4618cee928e3048 (MD5) bab 51.PDF: 31621 bytes, checksum: da045767fe368847f55c6b0bac6e33bc (MD5) pustaka1.PDF: 113493 bytes, checksum: 72b41fc0db3c5422e0f9b4b9bcff5774 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2013-02-25T05:13:34Z (GMT). No. of bitstreams: 10 cover1.PDF: 344085 bytes, checksum: 18c11c1178eca54ff964fdf9975d51a8 (MD5) pengesahan1.PDF: 70266 bytes, checksum: 446640a9c6c921ef47c6f9deaa28247b (MD5) abstrak1.PDF: 47589 bytes, checksum: 5f8a0e817a56a2ef70cca3de1e96bdb2 (MD5) daftar isi1.PDF: 44037 bytes, checksum: eccaa194fa02b1aeca15661136d12143 (MD5) bab 11.PDF: 162154 bytes, checksum: 9a07893b030552d102f1aa70e99892f0 (MD5) bab 21.PDF: 463910 bytes, checksum: 52d6fb0da2b0b6953ee099f6153f4afb (MD5) bab 31.PDF: 312125 bytes, checksum: bbb22fc7a9d05d4c9dcf0c9b9065d0e8 (MD5) bab 41.PDF: 438258 bytes, checksum: f8207c9f657fa87cc4618cee928e3048 (MD5) bab 51.PDF: 31621 bytes, checksum: da045767fe368847f55c6b0bac6e33bc (MD5) pustaka1.PDF: 113493 bytes, checksum: 72b41fc0db3c5422e0f9b4b9bcff5774 (MD5) en
dc.language.iso en en_US
dc.subject Pendekatan Konstruktivisme en_US
dc.subject Keterampilan proses en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject IPL en_US
dc.title Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Lingkungan Dengan Pendekatan Kontruktivisme Pada Mahasiswa Program Studi Biologi FKIP UNRI Tahun 2007-2008 en_US
dc.type UR e-Research en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account