dc.contributor.author |
SUWONDO |
|
dc.date.accessioned |
2013-02-22T02:36:30Z |
|
dc.date.available |
2013-02-22T02:36:30Z |
|
dc.date.issued |
2013-02-22 |
|
dc.identifier.other |
wahyu sari yeni |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2264 |
|
dc.description.abstract |
Terjadinya peningkatan hasil belajar setelah penerapan model pembeiajaran PBL
erat kaitannya dengan keterampilan berfikir mahasiswa dalam memecahkan masalah
yang autentik sehingga mahasiswa aktif bekerjasama dengan kelompoknya dan
memudahkan mahasiswa dalam melakukan penyelidikan, mengerjakan LKM serta
membuat laporan hasil pemecahan masalah. Sesuai dengan pendapat Ibrahim (2004),
bahwa PBL dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan berfikir,
memecahkan masalah dan keterampilan intelektual mahasiswa. Natuna dan Yusuf (2004),
menyatakan bahwa tujuan pembeiajaran PBL adalah menyajikan kepada peserta didik
situasi masalah yang autentik dan bermakna, sehingga dapat memberikan kemudahan
dalam melakukan penyelidikan dan inkuiri.
Dilihat dari ketuntasan belajar individu mahasiswa, penerapan model
pembeiajaran PBL memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar pada
pokok bahasan rancangan percobaan, sebelum perlakuan yang tuntas 70,21% dan setelah
penerapan model pembeiajaran PBL siklus 1 ( 70,21%) dan ke 2 (100%) . Hal ini tidak
teriepas dari kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah yang diberikan lebih
kritis, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan lebih mandiri dalam
memecahkan masalah . Pada saat berdiskusi mahasiswa terlihat lebih aktif dan
melakukan kerja sama yang baik dalam belajar sehingga memperoleh hasil belajar yang
baik pula. Akrivitas belajar mahasiswa dalam bekerja sama dalam kelompok,
mengajukan pertanyaan, aktif memecahkan masalah masuk dalam katagori baik sekali. |
en_US |
dc.description.provenance |
Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2013-02-22T02:36:30Z
No. of bitstreams: 11
COVER1.PDF: 277068 bytes, checksum: 895ffe3b326402a0a42fdf2bea7138f5 (MD5)
PENGESAHAN1.PDF: 566258 bytes, checksum: a90338f5fd8d701141aad44fb8900631 (MD5)
RINGKASAN1.PDF: 117173 bytes, checksum: 90bb8a0f71bcabd981690cb8a68ba569 (MD5)
DAFTAR ISI1.PDF: 72459 bytes, checksum: 5f41848626c84d4db930e5006f54a623 (MD5)
BAB 11.PDF: 163817 bytes, checksum: 717608fcc4e14b9fa8a6ef6d9106bcac (MD5)
BAB 21.PDF: 154031 bytes, checksum: 79b024f4278e76e5c9a663ccc046dd59 (MD5)
BAB 31.PDF: 164314 bytes, checksum: a3a35e9408475ed9c9c630d2ccc6ab41 (MD5)
BAB 41.PDF: 334874 bytes, checksum: d0790160169ee9a74673dfc1e142faf6 (MD5)
BAB 51.PDF: 49658 bytes, checksum: 6c60bb6ec04830c2bda593f03784ca62 (MD5)
PUSTAKA1.PDF: 49618 bytes, checksum: c510ea5ed35d6b2d7bb4b6a0fde82a9b (MD5)
LAMPIRAN1.PDF: 1698696 bytes, checksum: 98e0ebf811ff43f8cc1cce23b9087535 (MD5) |
en |
dc.description.provenance |
Made available in DSpace on 2013-02-22T02:36:30Z (GMT). No. of bitstreams: 11
COVER1.PDF: 277068 bytes, checksum: 895ffe3b326402a0a42fdf2bea7138f5 (MD5)
PENGESAHAN1.PDF: 566258 bytes, checksum: a90338f5fd8d701141aad44fb8900631 (MD5)
RINGKASAN1.PDF: 117173 bytes, checksum: 90bb8a0f71bcabd981690cb8a68ba569 (MD5)
DAFTAR ISI1.PDF: 72459 bytes, checksum: 5f41848626c84d4db930e5006f54a623 (MD5)
BAB 11.PDF: 163817 bytes, checksum: 717608fcc4e14b9fa8a6ef6d9106bcac (MD5)
BAB 21.PDF: 154031 bytes, checksum: 79b024f4278e76e5c9a663ccc046dd59 (MD5)
BAB 31.PDF: 164314 bytes, checksum: a3a35e9408475ed9c9c630d2ccc6ab41 (MD5)
BAB 41.PDF: 334874 bytes, checksum: d0790160169ee9a74673dfc1e142faf6 (MD5)
BAB 51.PDF: 49658 bytes, checksum: 6c60bb6ec04830c2bda593f03784ca62 (MD5)
PUSTAKA1.PDF: 49618 bytes, checksum: c510ea5ed35d6b2d7bb4b6a0fde82a9b (MD5)
LAMPIRAN1.PDF: 1698696 bytes, checksum: 98e0ebf811ff43f8cc1cce23b9087535 (MD5) |
en |
dc.language.iso |
en |
en_US |
dc.title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP RANCANGAN EKSPERIMEN DALAM MATA KULIAH BIOMETRI |
en_US |
dc.type |
UR e-Research |
en_US |