DSpace Repository

Mendesain Standardisasi Pelaksanaan Perkuliahan: Rekomendasi Untuk Pengajaran Mikro

Show simple item record

dc.contributor.author Gimin
dc.contributor.author Kartikowati, Sri
dc.contributor.author Bedriati
dc.contributor.author Asril
dc.contributor.author Supentri
dc.date.accessioned 2017-10-12T09:10:54Z
dc.date.available 2017-10-12T09:10:54Z
dc.date.issued 2017-10-12
dc.identifier.isbn 978-602-60523-0-8
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9001
dc.description.abstract Perbedaan dosen dalam pelaksanaan perkuliahan Pengajaran Mikro mengakibatkan perbedaan kompetensi lulusan, sehingga diperlukan standard pelaksanaannya. Dalam rangka menghasilkan standard tersebut, kami mendeskripsikan rekomendasi yang dijaring dari dua langkah yang dilakukan dalam rangka mendesain standardisasi pelaksanaan perkuliahan Pengajaran Mikro (Mikro teaching) di Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS) di Universitas Riau. Deskripsi rekomendasi merupakan tujuan pertama studi ini dari langkah yang disebut Analisis kebutuhan. Kami mengidentifikasi tingkat kebutuhan Pengajaran Mikro dari data yang diperoleh melalui angket ditujukan kepada responden guru dan mahasiswa. Selanjutnya data diolah menggunakan SPSS V.17. Hasil dari langkah Analisis kebutuhan menunjukkan tingkat kebutuhan keterampilan mengajar sebesar 91%, artinya sangat direkomendasikan tersedianya buku standardisasi Pengajaran Mikro.Tujuan kedua merupakan rekomendasi dari langkah Ujicoba terbatas praktek mengajar tiga orang mahasiswa. Data dikumpulkan melalui observasi atas dua kegiatan praktik mengajar (sebelum dan setelah buku standarisasi Pengajaran Mikro dibaca dan dibahas). Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil dari langkah Ujicoba terbatas menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 18,3% pada semua aspek keterampilan yang diamati. Temuan ini merekomendasikan agar dalam buku standarisasi Pengajaran Mikro mencantumkan lebih banyak contoh riil dan komprehensif pada setiap aspek keterampilan mengajar. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2017-10-12T09:10:54Z No. of bitstreams: 3 cover.pdf: 419070 bytes, checksum: 757c419f7c9e2182731bba92e66d7c17 (MD5) daftar isi.pdf: 596526 bytes, checksum: 4fdbb1765cb7ac4f39c79535a0437470 (MD5) artikel.pdf: 18128532 bytes, checksum: e428f2d1016f7b9602454adfc041d974 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2017-10-12T09:10:54Z (GMT). No. of bitstreams: 3 cover.pdf: 419070 bytes, checksum: 757c419f7c9e2182731bba92e66d7c17 (MD5) daftar isi.pdf: 596526 bytes, checksum: 4fdbb1765cb7ac4f39c79535a0437470 (MD5) artikel.pdf: 18128532 bytes, checksum: e428f2d1016f7b9602454adfc041d974 (MD5) Previous issue date: 2017-10-12 en
dc.description.sponsorship Seminar Nasional Workshop Kurikulum Dan Presentasi Makalah ASperindo Tahun 2016 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject pengajaran mikro ketrampilan mengajar en_US
dc.subject standardisasi en_US
dc.title Mendesain Standardisasi Pelaksanaan Perkuliahan: Rekomendasi Untuk Pengajaran Mikro en_US
dc.title.alternative Designing Standardization Off The Lecture Implementation: Recommendation For Micro-Teaching en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account