DSpace Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPIT AL-FITYAH PEKANBAU

Show simple item record

dc.contributor.author Heleni, Susda
dc.contributor.author Mardiansyah
dc.date.accessioned 2014-06-26T02:10:22Z
dc.date.available 2014-06-26T02:10:22Z
dc.date.issued 2014-06-26
dc.identifier.isbn 078-602-19531-0-5
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6407
dc.description.abstract Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kesadaran siswa untuk bekerja sama dan bertanggung jawab, mendorong siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri serta meningkatkan komunikasi dan interaksi siswa melalui kegiatan berdiskusi. Salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Think Pair Square. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini : Apakah penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Square dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPIT Al-Fityah Pekanbaru pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPIT Al-Fityah Pekanbaru melalui peneapan pembelajaran kooperatif Think Pair Square pada materi pokok SPLDV semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian terdiri atas 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas 4 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah kelas VIII SMPIT Al-Fityah Pekanbaru sebanyak 24 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Square dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPIT Al-Fityah Pekanbaru pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) semester genap tahun pelajaran 2009/2010 en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2014-06-26T02:10:22Z No. of bitstreams: 1 3.pdf: 53999 bytes, checksum: 0d86a7a3f1d0f806333f07618da617ee (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2014-06-26T02:10:22Z (GMT). No. of bitstreams: 1 3.pdf: 53999 bytes, checksum: 0d86a7a3f1d0f806333f07618da617ee (MD5) en
dc.description.sponsorship Seminar Pendidikan Serantau 2011 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.title PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPIT AL-FITYAH PEKANBAU en_US
dc.type UR-Proceedings en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account