Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tutor sebaya terhadap
peingkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sungai Apit. Metode
yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan sampel penelitian siswa kelas XI IP A, tahun
ajaran 2005/2006 Disain penelitian pretest-postest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah teknik tes. Tes awal merupakan nilai prasyarat pengetahuan dan tes akhir merupakan nilai
akhir setelah pembelajaran. Data diuji dengan teknik statistik dengan uji t. Dari hasil analisa data
ditemukan bahwa pembelajaran tutuor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa jika
dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada pengajaran biasa. Berdasarkan temuan hasil
penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran totur sebaya dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dengan besamya pengaruh 22,7 %. Dari hasil penelitian ini disarankan khususnya
guru bidang studi kimia dalam pengajaran kimia dapat menggunakan pengajaran tutor sebaya
sebagai metode altematife, dengan cara membuat rancangan pembelajaran yang disesuakan
dengan kemampuan siswa untuk mencapai tujuan pengajaran