Abstract:
Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran di Program
Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MlPA FKIP UNRI pada Semester Genap Tahun ajaran 2007/2008
dari bulan Maret sampai Mei 2008,. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas
mahasiswa dalam pembelajaran Fisiologi Tumbuhan. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Strata 1
Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah Fisiologi Tumbuhan yang berjumlah 31 mahasiswa (2 laki-laki
dan 29 perempuan). Penelitian dilaksanakan 2 siklus. Siklus I terdiri dari 4 kali pertemuan dan 1 kali tes (kuis
)). Siklus ke II terdiri dari 3 kali pertemuan ,1 kali tes (kuis) . Setiap pertemuan berlangsung selama 3 X 50
menit. Parameter yang diamati meliputi: (1) Hasil belajar yang dilihat dari daya serap setiap pertemuan dan
ketuntasan individu mahasiswa , (2) Aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran. Data yang diperoleh
dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada setiap
pertemuan dengan katagori tinggi (70 - 89). Test siklus I dan ke II termasuk katagori sedang dengan rata-rata
60,8 dan 64,1. Penghargaan kelompok pada siklus I, 5 kelompok baik dan hanya 3 kelompok yang hebat
sedangkan siklus ke II, 7 kelompok menjadi hebat dan 1 kelompok super. Dilihat secara keseluruhan aktivitas
mahasiswa yang sudah baik adalah kerjasama 75,8% (baik sekali), menelusuri bahan ajar 96,5% (baik sekali)
sedangkan memberi masukan pada kelompok dan menanggapi masih termasuk kurang (35,2%) dan (23,6%),
bertanya tergolong cukup (56,8%). Penerapan Student Centered Learning (SCL) melalui model pembelajaran
kooperatif Tipe STAD) dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi
Tumbuhan di Program Studi Biologi TA. 2007/2008