Efekvifitas Penerapan Metode Problem Posing Dan Tugas Terstruktur Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi II

No Thumbnail Available

Date

2012-12-06

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

Abstract

enelitian merupakan penelitian pra-eksperimental. Dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perlakuan kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Problem Posing dan pemberian tugas terstruktur. Sementara itu pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan, di mana pembelajaran hanya dengan menggunakan metode konvensional yang biasa diterapkan oleh dosen. Hasil pengukuran dalam penelitian ini dengan menggunakan Post Test yang berupa prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi II FE UNRI. Populasi daiam penelitian ini adalah mahasiswa mata kuliah Pengantar Akuntansi II di Fakultas Ekonomi UNRI Tahun Akademik 2008/2009 yang terdiri dari 2 kelas yaitu A dan B dengan jumlah total 119 mahasiswa sedangkan variabel dalam penelitian ini berupa prestasi belajar mahasiswa akuntansi pada mata kuliah pengantar akuntansi II, yaitu skor nilai test yang diukur dari rentang 0 - 100. Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel prestasi belajar, yang masingmasing bersifat independent/bebas. Variabel prestasi belajar akuntansi dengan metode problem posing dan tugas terstruktur diberi kode X | dan variabel prestasi belajar dengan metode konvensional diberi kode X2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Tes. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t-test dan paired sample t-test. Independent sample t-test untuk menguji ada tidaknya prestasi belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sementara itu paired sample t-test dilakukan untuk menguji efektivitas penerapan metode problem posing dan tugas terstruktur pada kelompok eksperimen.

Description

Keywords

Citation

Collections