Faktor-faktor penentu pengaruh iklan di televisi terhadap preferensi konsumen obat sakit kepala (Studi Kasus di Kota Pekanbaru)

No Thumbnail Available

Date

2012-12-05

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi konsumen obat sakit kepala. Dimana penelitian ini bermanfaat didalam pembuatan sebuah iklan televisi. Dari penelitian ini dapat diketahui hal apa saja yang dapat membuat iklan televisi lebih menarik, mampu menarik perhatian serta mempengaruhi sikap konsumen. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode kuesioner. Populasi penelitian ini adalah penduduk Kota Pekanbaru yang mempunyai pesawat televisi dan berusia 18 tahun ke atas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling (Judgement Sampling) yang merupakan teknik nonprobability sampling yang memilih orang-orang yang terseleksi oleh peneliti berdasarkan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor yang diolah dengan menggunakan komputer program SPSS {Statistical Package for Social Science). Analisis faktor pada prinsipnya digunakan untuk mereduksi data, yaitu untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor. Dari model analisis ini dapat diketahui beberapa tabel yang penting, antara lain tabel KMO and Barlett's Test untuk melihat apakah kumpulan variabel tersebut dapat diproses lebih lanjut, tabel Anti Image Matrices untuk mengetahui variabel mana yang dapat diproses lebih lanjut dan mana yang harus dikeluarkan. Selanjutnya tabel Communalities untuk mengetahui bahwa semakin kecil Communalities sebuah variabel, berarti semakin lemah hubungannya dengan faktor terbentuk. Tabel Total Variance Explained untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit. Tabel Rotated Component Matrix, tabel ini memperlihatkan distribusi variabel yang lebih jelas dan nyata dibandingkan Component Matrix. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis faktor mengungkapkan bahwa dari 13 variabel yang terdiri dari 40 indikator hanya 4 indikator saja yang tidak dapat diproses. Sedangkan 36 indikator lainnya yang terangkum dalam 6 variabel yaitu variabel tema, ide/gagasan, argumentasi, bintang iklan, kata dan humor menunjukkan bahwa ke enam variabel tersebut adalah merupakan faktor-faktor penentu preferensi konsumen obat sakit kepala.

Description

Keywords

Citation

Collections