Faktor-faktor penentu pengaruh iklan di televisi terhadap preferensi konsumen obat sakit kepala (Studi Kasus di Kota Pekanbaru)
No Thumbnail Available
Date
2012-12-05
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi preferensi konsumen obat sakit kepala. Dimana penelitian ini
bermanfaat didalam pembuatan sebuah iklan televisi. Dari penelitian ini dapat
diketahui hal apa saja yang dapat membuat iklan televisi lebih menarik, mampu
menarik perhatian serta mempengaruhi sikap konsumen.
Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode kuesioner.
Populasi penelitian ini adalah penduduk Kota Pekanbaru yang mempunyai pesawat
televisi dan berusia 18 tahun ke atas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah Purposive Sampling (Judgement Sampling) yang merupakan teknik
nonprobability sampling yang memilih orang-orang yang terseleksi oleh peneliti
berdasarkan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya
dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden.
Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor yang diolah
dengan menggunakan komputer program SPSS {Statistical Package for Social
Science). Analisis faktor pada prinsipnya digunakan untuk mereduksi data, yaitu
untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai
faktor. Dari model analisis ini dapat diketahui beberapa tabel yang penting, antara
lain tabel KMO and Barlett's Test untuk melihat apakah kumpulan variabel tersebut
dapat diproses lebih lanjut, tabel Anti Image Matrices untuk mengetahui variabel
mana yang dapat diproses lebih lanjut dan mana yang harus dikeluarkan. Selanjutnya
tabel Communalities untuk mengetahui bahwa semakin kecil Communalities sebuah
variabel, berarti semakin lemah hubungannya dengan faktor terbentuk. Tabel Total
Variance Explained untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit. Tabel
Rotated Component Matrix, tabel ini memperlihatkan distribusi variabel yang lebih
jelas dan nyata dibandingkan Component Matrix.
Hasil penelitian dengan menggunakan analisis faktor mengungkapkan bahwa
dari 13 variabel yang terdiri dari 40 indikator hanya 4 indikator saja yang tidak dapat
diproses. Sedangkan 36 indikator lainnya yang terangkum dalam 6 variabel yaitu
variabel tema, ide/gagasan, argumentasi, bintang iklan, kata dan humor menunjukkan
bahwa ke enam variabel tersebut adalah merupakan faktor-faktor penentu preferensi
konsumen obat sakit kepala.