PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM TATANAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HAS IL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 PEKANBARU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam tatanan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen yang merupakan penelitian dengan Posttest-Only Design With Nonequivalent Groaps yang termasuk Quasi Experimental Design . Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII dan dua kelas yang dipilih secara acak sederhana dengan terlebih dahulu melakukan uji homogenitas varians terhadap nilai ulangan semester ganjil siswa kelas VII tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian ini menunjukkan setelah diterapkan pendekatan pembelajaran RME dalam tatanan model pembelajaran kooperatif terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan RME dengan hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dimana terjadi nya peningkatan hasil belajar siswa yang belajar dengan pendekatan RME dalam tatanan pembelajaran kooperatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan adanya terdapat efektivitas pendekatan pembelajaran RME dalam tatanan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Description

Keywords

Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), model pembelajar kooperatif, hasil belajar matematika

Citation