PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM TATANAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HAS IL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 PEKANBARU
No Thumbnail Available
Date
2015-01-20
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pembelajaran
dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam tatanan model
pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
Negeri 21 Pekanbaru. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian
eksperimen yang merupakan penelitian dengan Posttest-Only Design With
Nonequivalent Groaps yang termasuk Quasi Experimental Design . Penelitian ini
dilaksanakan pada dua kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru yaitu satu kelas
eksperimen dan satu kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII dan dua kelas yang dipilih secara acak sederhana dengan terlebih
dahulu melakukan uji homogenitas varians terhadap nilai ulangan semester ganjil
siswa kelas VII tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian ini menunjukkan setelah
diterapkan pendekatan pembelajaran RME dalam tatanan model pembelajaran
kooperatif terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan
RME dengan hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran
konvensional dimana terjadi nya peningkatan hasil belajar siswa yang belajar
dengan pendekatan RME dalam tatanan pembelajaran kooperatif. Berdasarkan
hasil penelitian ini, dapat disimpulkan adanya terdapat efektivitas pendekatan
pembelajaran RME dalam tatanan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil
belajar matematika siswa.
Description
Keywords
Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), model pembelajar kooperatif, hasil belajar matematika