Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan di Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir Propinsi Riau
No Thumbnail Available
Date
2012-10-29
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan di Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir
Propinsi Riau sudah dilakukan dengan berbagainupaya, tetapi hasilnya belum sesuai
dengan harapan. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan: 1) Mengungkap peta
kompetensi peserta didik; 2) Mengungkap faktor penyebab peserta didik tidak
menguasai pokok bahasan tertentu; 3) Menemukan rumusan alternatif pemecahan
untuk meningkatkan kompetensi peserta; 4) Merumuskan model implementasi
pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah descriptive research.
Data dikumpulkan melalui dokumentasi, angket, observasi kelas, wawancara dengan
guru, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara, TU. Analisis dilaksanakan
secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Masih terdapat Standar Kompetensi
(SK)/Kompetensi Dasar (KD) yang diuji yang skornya di bawah standar kelulusan
<5,5 baik kelompok IPA maupun IPS untuk SMA; 2) Faktor penyebab sehingga
peserta didik di kota Dumai dan kabupaten Rokan Hilir tidak menguasai pokok
bahasan tertentu, yaitu: (a) Standar Isi dan (b) Standar Proses; (c) Standar Kelulusan
(d) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; (e). Standar Sarana dan prasarana (f)
Standar Pengelolaan; (g) Standar Pembiayaan; (h) Standar Penilaian 3) Rumusan
alternatif pemecahan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik (nilai ujian
nasional) adalah: (1) perlu perbaikan dalam standar isi; dan (2) Standar Proses 4)
Model yang direkomendasikan adalah Model Pembimbinganm guru MGMP yaitu
merupakan program kemitraan antara Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah, dan
Sekolah yang menjadi sasaran Pembinaan.
Description
Keywords
Pemetaan, Pengembangan, Mutu, Pendidikan