PENINGKATAN HASH BELAJAR GENETIKA MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION ) PADA MAHASiSWA BIOLOGI FKIP UNRI

No Thumbnail Available

Date

2013-02-22

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

Abstract

Genetika merupakan mata kuliah yang disajikan pada mahasiswa program studi biologi FKIP UNRI. Dari pengamatan penulis sebagai dosen pengampu mata kuliah genetika dalam proses pembelajaran ,mahasiswa kurang aktif dan kurang termotivasi untuk mempelajari dan mendalami materi genetika. Agar penguasaan materi genetika meningkat diperlukan perbaikan yang inovatif dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menerapkan model pengajaran langsimg (Direct Instruction). Keimggulan dari model pengajaran langsung adalah dapat membuat pengajaran lebih jelas dan konkrit, pengajaran lebih menarik ,mahasiswa dirangsang aktif untuk mencoba melakukan sendiri, materi disajikan dalam tahap-tahap sehingga mahasiswa mudah memahami konsep-konsep yang sedang dipelajari dan akan dapat diingat lebih lama. Penelitian ini di laksanakan di program studi biologi pada mahasiswa semester 4 yang mengambil mata kuliah genetika sebanyak 40 orang. Prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Description

Keywords

Citation